Sukses

Puncak Perayaan Yadnya Kasada, Warga Tengger Ramai-Ramai Larung Hasil Bumi ke Kawah Bromo

Warga Suku Tengger berbondong-bondong menuju ke Pura Luhur Poten atau Sanggar Agung Poten di kaki Gunung Bromo dengan membawa hasil bumi dan melarung hasil buminya ke kawah Bromo pada puncak perayaan Yadnya Kasada 1945 Saka atau Senin 5 Juni 2023.

Liputan6.com, Surabaya - Warga Suku Tengger berbondong-bondong menuju ke Pura Luhur Poten atau Sanggar Agung Poten di kaki Gunung Bromo dengan membawa hasil bumi dan melarung hasil buminya ke kawah Bromo pada puncak perayaan Yadnya Kasada 1945 Saka atau Senin 5 Juni 2023.

Seluruh warga Tengger yang berasal dari berbagai wilayah itu berkumpul di Pura Luhur Poten dan lokasi itu sering dijadikan tempat berkumpulnya warga umat Hindu untuk bersembahyang sekaligus pembacaan mantra-mantra yang dimulai pada Senin pukul 3.00 WIB di lautan pasir (kaldera) Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

"Proses pelaksanaan dimulai dari sembahyang dan doa-doa di Pura Luhur Poten Gunung Bromo hingga kegiatan larung sesaji itu telah berjalan dengan baik dan lancar," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo, Bambang Suprapto di Probolinggo, dikutip dari Antara.

Upacara ritual Yadnya Kasada di Pura Luhur Poten dari empat daerah di kaki kawasan Gunung Bromo itu telah mengikuti berbagai macam rangkaian yang diawali dengan pembacaan kidung religi diiringi gamelan, menyucikan tempat persembahyangan, pembacaan kitab suci Weda, pembacaan sejarah Kasada serta perkawinan Rara Anteng dan Jaka Seger.

"Terdapat ritual adat Nglukat umat Hindu yakni membagikan bija yang ditempelkan pada bagian wajah. Memberikan wewangian di sebelah kanan sekaligus pembakaran dupa dan memercikkan air suci," katanya.

Untuk sembahyang dipimpin oleh pinandhita yang dibantu oleh para pemuka agama. Di tengah-tengah prosesi ritual itu ada prosesi pemilihan calon Dukun Adat yang menggantikan dukun sebelumnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lelabuhan Sesajen

Masyarakat Tengger yang berasal dari Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan dan Kabupaten Malang melakukan kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan lelabuhan sesajen atau dikenal dengan larung sesaji yang berangkat dari Pura Luhur Poten menuju kawah Gunung Bromo dengan membawa sesajen berupa hasil bumi seperti hasil pertanian dan hewan ternak.

"Itu sebagai wujud ungkapan rasa syukur dan penghormatan untuk para leluhur karena telah memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Tengger," katanya.

Larung sesaji yang sudah dilakukan sejak dahulu oleh para leluhur masyarakat Tengger berupa hasil pertanian dan hewan ternak sebagai wujud syukur karena Tuhan telah melimpahkan hasil bumi yang sudah dirasakan itu, serta merupakan penggenapan janji warga Tengger kepada Joko Seger dan Roro Anteng.

"Sebagaimana yang sudah dikisahkan yakni Roro Anteng yang telah mengorbankan putranya bernama Kesuma untuk dilarung ke kawah Gunung Bromo," ujarnya.

Setelah melaksanakan ritual larung sesaji itu, masih ada kegiatan terakhir yang dilakukan oleh masyarakat Tengger yaitu kegiatan selamatan di masing-masing desa yang dipimpin langsung oleh dukun adatnya masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.