Sukses

Pembalap Moto3 Mario Aji Didapuk Jadi Duta Pramuka Jatim, Apa Tugasnya?

Pebalap Moto3 Mario Suryo Aji didapuk sebagai Duta Pramuka 2023 untuk Jatim. Pengukuhan Mario Aji dilakukan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

 

Liputan6.com, Surabaya - Pebalap Moto3 Mario Suryo Aji didapuk sebagai Duta Pramuka Jatim 2023. Pengukuhan Mario Aji dilakukan langsung oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

"Kami kukuhkan dengan memakaikan hasduk dan baret pramuka. Maka di mana pun Mario berlaga, yang ada di dadanya adalah merah putih. Ketika bertemu dengan tim pramuka atau 'scout movement' dari berbagai negara, saya berharap akan ada energi, semangat dan kekuatan baru. Kami bersama Mario," katanya, Jumat (26/5/2023).

Pengukuhan secara simbolis dengan memakaikan hasduk dan baret pramuka kepada pebalap Moto3 berusia 19 tahun asal Magetan, Jawa Timur, yang tergabung dalam tim Honda Asia itu berlangsung di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Kamis malam, 25 Mei 2023.

Khofifah berharap nilai-nilai yang terkandung dalam pramuka dapat memberikan penguatan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme dalam diri Mario.

"Dengan dikukuhkannya Mario sebagai Duta Pramuka, maka kepramukaan dan kepanduan diharapkan menjadi bagian dari kekuatan inheren saat berada di sirkuit negara manapun seluruh dunia," ujarnya.

Khofifah yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Timur optimistis, hadirnya Mario sebagai duta akan dapat menjadi kekuatan dan energi positif untuk setiap sinergi demi kesuksesan yang semakin signifikan.

"Maka kita harus maksimalkan peran-peran yang memberikan perspektif kemanusiaan dan kedamaian yang bisa membangun kekerabatan dan persaudaraan antarbangsa. Saya rasa, kepanduan memberikan referensi itu," ucapnya.

"Sejak SMP, Mario merupakan seorang kader pramuka dengan prestasi membanggakan. Setelah SMA, Mario melanglang buana untuk terus berlatih dengan semangat pramuka di manapun berada. Keluarga besar Gerakan Pramuka Jawa Timur akan senantiasa mengiringi perjalanan Mario," katanya.

Mario mengungkapkan suka citanya atas kepercayaan yang diberikan sebagai Duta Pramuka. Dia berharap dapat membawa manfaat bukan hanya bagi dirinya sebagai pebalap Moto3 namun juga untuk gerakan pramuka. 

"Semoga saya bisa membawa pramuka Indonesia ke penjuru dunia. Dengan menyandang sebagai Duta Pramuka dapat memotivasi untuk menghadapi rival terberat yang kerap datang dari dalam diri saya sendiri," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuntaskan Balapan 2023

alam waktu dekat, pebalap berjuluk "Super Mario" itu akan melakoni Moto3 seri ke-6 di Italia. 

Tahun ini, Mario telah menyelesaikan 5 seri Moto3 di Portugal, Argentina, Amerika Serikat, Spanyol dan Prancis. 

Tercatat masih mengumpulkan poin 4 dengan menempati peringkat ke- 23 dari total 29 peserta balapan dalam klasemen sementara Moto3 2023, setelah mencatatkan sejarah sebagai pebalap Indonesia yang mencapai finish di urutan 12 saat menjalani seri balapan di Amerika Serikat.

Masih tersisa 16 seri balapan Moto3 di tahun 2023, yaitu seri Italia, Jerman, Belanda, Inggris, Austria, Spanyol, San Marino, India, Jepang, Indonesia, Australia, Thailand, Malaysia, Qatar dan Valancia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.