Sukses

Gandeng BPJS Kesehatan, Dirjen Bina Pemdes Garap Program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menerima Direksi Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun, Senin (15/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro menerima Direksi Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun, Senin (15/5/2023).

Eko mengatakan Ditjen Bina Pemdes mendukung penuh program BPJS Kesehatan dan siap untuk bekerjasama ke depannya terutama berkaitan dengan desa.

Menurut Eko, BPJS Kesehatan berencana bekerjasama dengan Ditjen Bina Pemdes dengan program PESIAR (Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi).

Program ini untuk menyisir kembali peserta di desa yang sudah aktif dan tidak aktif peserta BPJS serta mengkategorikan kembali tipe masyarakat, apakah pekerja dan yang layak mendapatkan bantuan untuk tepat sasaran.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat menyisir dan menjangkau jaminan kesehatan sampai ke pelosok desa.

Eko berharap setelah pertemuan ini dapat berlanjut untuk mengarahkan pada terbentuknya pemahaman yang sama mengenai program jaminan kesehatan di desa untuk menyelesaikan permasalahan desa yang sangat variatif.

Sinergitas ini merupakan salah satu hal yang penting dan kunci dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di desa.

"Dalam Undang-Undang Desa sudah mengamanatkan program jaminan sosial yaitu seperti jaminan ketenagakerjaan," ungkap Eko.

BPJS Kesehatan menyampaikan kondisi saat ini 250 juta penduduk sudah tercover dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 91%, dengan target 98% pada tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyisiran

Saat ini terdata 46 Juta sudah tidak aktif lagi sebagai peserta dan akan dilakukan penyisiran kembali agar setiap desa dapat mencapai UHC (Universal Health Coverage). tentunya isu kesehatan sangat didukung dalam penggunaan dana desa yang diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan sosialisasi dan advokasi yang terstruktur secara baik pada tingkat desa.

Pertemuan ini turut dihadiri Direksi Kepesertaan BPJS Kesehatan David Bangun, Deputi Kebijakan dan Data Gunadi, Deputi Perluasan dan Kepatuhan Peserta Kisworowati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.