Sukses

Sebar Ribuan Laptop untuk Siswa dan Guru, Kota Madiun Buka Pintu Dunia

Pemerintah Kota Madiun membagikan 9.400 perangkat Chromebook kepada siswa dan guru di wilayahnya. Aksi ini pun berbuah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI.

 

Liputan6.com, Madiun - Pemerintah Kota Madiun membagikan 9.400 perangkat Chromebook kepada siswa dan guru di wilayahnya. Aksi ini pun berbuah rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI.

“Kota Madiun sekarang membuka pintu dunia, bukan jendela dunia lagi. Dengan membuka pintu dunia, kita bisa akses seluruh dunia,” kata Walikota Madiun Maidi, Kamis (4/5/2023).

Pembagian Chromebook kali ini merupakan gelombang kedua dan berjumlah 9.400 unit. Hingga saat ini, Pemkot Madiun telah membagikan sekitar 14.000 perangkat kepada para siswa di beberapa jenjang pendidikan.

Upaya ini, sambung Maidi, bertujuan untuk memfasilitasi para siswa supaya siap menyongsong generasi emas pada 2045.

Direktur Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi I Nyoman Rudi Kurniawan menyambut gembira langkah Pemkot Madiun. 

“Ini langkah yang baik dalam mengupayakan transformasi pendidikan dan membantu program Kemdikbudristek. Program pembagian Chromebook semasif ini merupakan yang pertama di Indonesia,” katanya.

Nyoman menuturkan, Kemdikbudristek menargetkan bahwa di tingkat SMP, siswa semakin familiar dengan pemanfaatan aplikasi dan bisa melakukan kolaborasi bersama. Untuk mencapainya, pihaknya membagikan akun Belajar.id yang memberikan para siswa akses berbagai tools kolaborasi seperti Google Drive, Google Meet, dan tool pembuat infografis.

Hingga 3 Mei 2023, ada sekitar 18.500 siswa dan guru di Madiun yang telah melakukan aktivasi akun Belajar.id, atau sekitar 69,33 persen dari total akun yang tersedia.

Dengan membagikan Chromebook, Pemkot Madiun membantu memaksimalkan pemanfaatan akun Belajar.id.

“Adopsi teknologi seperti penggunaan Chromebook ini di negara maju sudah masif. Siswa bisa bekerja sama dengan yang lain, bahkan dari sekolah dan negara yang berbeda. Kita perlu ikuti,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Songsong Generasi Emas 2045

Country Lead Google for Education Indonesia Olivia Basrin mengapresiasi Pemkot Madiun atas kebijakan pendidikan yang begitu transformatif dengan menyediakan satu perangkat Chromebook untuk setiap siswa di tingkat SD - SMP.

“Kota Madiun merupakan pionir untuk kebijakan digitalisasi pendidikan yang masif seperti ini. Google siap mendukung keberhasilan transformasi pendidikan digital di kota Madiun,” katanya.

Inisiatif Pemkot Madiun dalam melakukan transformasi digital di bidang pendidikan, termasuk melalui pembagian perangkat Chromebook, patut diikuti oleh para pemerintah daerah lainnya di Indonesia. Dengan demikian, seluruh siswa di tanah air dapat lebih siap menyongsong generasi emas 2045.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.