Sukses

Pemudik Susulan Arah Jateng-Jatim Keluhkan Tol Kalikangkung-Cikampek Masih One Way, Terjebak Macet di Jalan Arteri

Sistem satu arah (one way) dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Cikampek masih diberlakukan hingga Kamis (27/4/2023) pukul 24.00 WIB. Jalan tol sepanjang jalur tersebut, hanya dibuka untuk kendaraan menuju arah Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem satu arah (one way) dari KM 414 Tol Kalikangkung hingga KM 72 Cikampek masih diberlakukan hingga Kamis (27/4/2023) pukul 24.00 WIB. Jalan tol sepanjang jalur tersebut, hanya dibuka untuk kendaraan menuju arah Cikampek.

Kondisi ini dikeluhkan sejumlah pemudik susulan arah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mereka menyampaikan keluhannya melalui kolom komentar postingan Twitter @TMCPoldaMetro.

"Tol arah Jakarta sudah kosong! Bwt apa diperpanjang?!? Merugikan pemudik telat yg ke arah Timur. Kami dr Jakarta ke Semarang - Malang jd lbh lama waktu tempuhnya. Petugas lapangan jg gk ada di tempat!" tulis akun @GesitMyGosh.

Pemudik juga meminta agar pihak kepolisian mengecek kondisi lapangan yang sebenarnya jalan menuju Jakarta sudah lancar. 

"Pak, tolong cek di lapangan arah jakarta lancar banget. Berhentikan saja one way-nya," tulis akun @ayehendra.

"Tolong dong cek pantauan lalin, gua cek dari subuh cctv cipali ga ada hambatan sama sekali! Yang mau balik dari jkt ke jateng-jatim dirugikan sangat!" tulis akun @vyolicia.

 Selain itu, para pemudik juga menyarankan agar tidak memberlakukan sistem one way karena masih banyak yang ingin pergi ke arah timur.

"Buka dong, udah lancar itu yang ke Jakarta. Ke arteri juga diputer² malah terjebak kemacetan ga jelas," komentar akun @greendestia.

"Mohon dipertimbangkan untuk membuka jalur tol cipali ke semarang, dikarenakan kami yg sedang menuju semarang juga membutuhkan tol. Dari arah semarang terpantau lancar menuju cikampek di jalur tol, apakah masih diperlukan one way? Mohon infokan jika jalur tol dibuka untuk 2 arah," tulis akun @DwPortrait.

"Tolong dipertimbangkan lagi pak.. kita juga mau pulang ke malang jadi terhambat. Jalur ke jakarta dari arah timur terpantau sepi. Kok kita di buang keluar di pintu tol cikampek. Kita harus berjibaku seperti ini. Kita juga bayar tol lhooo," tulis akun @FDharyanti.

"Tolong bijak lah, kasih 1 jalan buat ke arah semarang. Jgn semua diambil buat arus balik ke arah jakarta," tulis akun @ba_wcksn.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arus Balik, 1.091.740 Orang Gunakan Angkutan Umum

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat ada 1.091.740 orang yang menggunakan angkutan umum pada Selasa, 25 April 2023 atau H+2 setelah hari lebaran.

Ini merupakan lonjakan tertinggi dari sebelumnya yang disinyalir jadi puncak arus balik lebaran dengan angkutan umum.

Bahkan jumlah ini melampaui pergerakan penumpang pada puncak arus mudik yang terjadi pada Rabu (16/4/2023) atau H-3 jelang Lebaran sebanyak 1.067.208 orang. Pada Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun ini, Kemenhub memantau titik pergerakan penumpang dan kendaraan dari 111 terminal, 18 Pelabuhan Penyeberangan, 51 Bandar Udara, 110 Pelabuhan Laut, 13 Daop/Divre perkeretaapian, 42 Gerbang Tol dan 20 ruas Jalan Arteri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.