Sukses

Kebakaran Pasar Kemiri Depok Diduga Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp 1,2 Miliar

Pasar kemiri Muka, Beji, Depok, kebakaran pada Minggu sore, 26 Maret 2023. Kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai Rp 1,2 miliar.

 

Liputan6.com, Depok - Pasar Kemiri Muka, Beji, Depok, kebakaran pada Minggu sore, 26 Maret 2023. Kerugian akibat musibah ini ditaksir mencapai Rp 1,2 miliar. 

"Kerugian akibat kebakaran mencapai Rp1,2 Miliar dari sejumlah lapak maupun kios yang terbakar," ujar Kasubag Tata Usaha UPT Pasar Kemiri Muka Budi Setiyanto, Minggu (26/3/2023).

Budi menjelaskan, kerugian hingga miliaran tersebut berdasarkan perhitungan dari 15 kios yang terbakar pada blok C area Pasar Kemirimuka. Para pedagang yang mengalami kebakaran terdiri dari pedagang sembako, bumbu makanan, dan makanan. 

"Mereka itu kan sore nya stok barang untuk dijual kembali pada esok hari, tapi ternyata menjadi korban kebakaran," jelas Budi.

Dugaan kebakaran disebabkan korsleting listrik, Budi tidak menampik saat disinggung adanya penggunaan listrik tidak semestinya. Berdasarkan pantauan di lapangan, terdapat sejumlah lapak menggunakan listrik tanpa memiliki meteran listrik.

“Kalau kios menggunakan meteran, tapi kalau lapak memang ada yang tidak menggunakan meteran listrik dan itu bukan kewenangan kami,” tegas Budi.

Budi sebelumnya sudah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan sidak penggunaan listrik. Namun sejak kebakaran tahun lalu hingga saat ini, pihaknya belum mendapatkan konfirmasi kembali terkait pengajuan sidak penggunaan listrik di Pasar Kemirimuka.

“Tujuan sidak untuk mengantisipasi penggunaan listrik ilegal untuk mencegah terjadinya korsleting listrik,” ucap Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengakuan Pedagang

Salah seorang pedagang, Sumiran mengatakan, pada saat kejadian api telah membakar salah satu lapak pedagang yang berada tidak jauh dari lokasi parkir kendaraan pasar. Dirinya mengetahui terjadi kebakaran sekitar pukul 17.25 WIB.

“Saya habis dari luar mencari makanan buat buka puasa, pas balik ke pasar ternyata kebakaran,” ujar Sumiran kepada Liputan6.com, Minggu (26/3/2023). 

Sesampainya di pasar, Sumiran mendapati kerumunan orang dan ternyata lapak di pasar blok C mengalami kebakaran. Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok sudah mendatangi lokasi dan melakukan pemadaman.

“Petugas sudah datang, beruntung juga dibantu hujan jadi api menyebar luas,” ucap Sumiran.

Sumiran tidak mengetahui penyebab api membakar lapak pedagang Blok A pasar Kemirimuka. Namun berdasarkan info yang didapat, api sudah terlihat dari bagian atas lapak pedagang dan diduga akibat korsleting listrik.

“Ga tau penyebabnya apa, tadi info dari teman ketahuannya api sudah ada diatas lapak pedagang, mungkin ada listrik yang konslet,” kata Sumiran.

Reporter: Dicky Agung Prihanto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.