Sukses

Total 257 Rumah Warga Madiun Rusak Akibat Puting Beliung, Atap Porak-poranda

Total sebanyak 257 rumah warga Madiun rusak akibat terjangan bencana angin puting beliung yang terjadi di tiga desa di Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur pada Minggu 5 Maret 2023.

Liputan6.com, Madiun - Total sebanyak 257 rumah warga Madiun rusak akibat terjangan bencana angin puting beliung yang terjadi di tiga desa di Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, pada Minggu 5 Maret 2023.

Camat Wonoasri Heri Kurniawan mengatakan, ratusan rumah rusak tersebut berada di Desa Sidomulyo, Plumpungrejo, dan Jatirejo. Kerusakan terjadi bervariasi, baik rusak ringan, sedang, hingga berat.

"Ini masih terus di-crosscheck, jadi masih bisa berubah baik jadi berkurang atau malah tambah," ujar Heri, Selasa (7/3/2023), dikutip dari Antara.

Menurut dia, pendataan harus terus dilakukan untuk diketahui jumlah kerusakan karena hal itu berhubungan dengan bantuan yang akan disalurkan ke warga terdampak.

"Setelah ini masih ada pendataan lagi dari tim, baik yang melibatkan dari BPBD, Dinas Sosial, Dinas Perkim, juga dengan desa dan pihak kecamatan," kata dia.

Seperti diketahui angin puting beliung menerjang tiga desa di Kecamatan Wonoasri pada Minggu (5/3) petang. Saat kejadian, hujan deras sedang mengguyur wilayah Wonoasri yang disertai dengan angin kencang.

Kerusakan paling banyak terjadi pada bagian atap rumah. Angin kencang yang berputar-putar telah menerbangkan genting rumah dan material penutup atap lainnya.

Angin juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang hingga menimpa bangunan rumah serta sempat menutup jalur KA di antara Stasiun Caruban dengan Stasiun Babadan, Madiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Sisa Reruntuhan

Personel TNI dan Polri bersama warga setempat bergotong royong membersihkan sisa reruntuhan dan mengevakuasi batang pohon yang tumbang dengan menggergajinya.

Pihak BPBD dan kepolisian setempat mengimbau warga untuk waspada, karena diperkirakan hujan dengan intensitas tinggi masih mengguyur wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya.

Kondisi tersebut rawan terjadi bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung yang rawan terjadi di Kecamatan Wonoasri. Sejak awal 2023 wilayah tersebut telah dua kali dilanda angin kencang.

Sebelumnya bencana puting beliung terjadi di wilayah yang sama pada awal Februari dan merusak puluhan rumah warga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.