Sukses

Wajib Siapkan KK dan KTP, Simak Cara Daftar Bansos Kemensos

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah bakal memberikan bantuan beras selama 3 bulan, Maret, April dan Mei 2023, untuk menekan inflasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah bakal memberikan bantuan sosial atau bansos  kebutuhan pokok berupa beras, telur dan daging ayam, selama 3 bulan, Maret, April dan Mei 2023, untuk menekan inflasi. 

Rencananya, bansos pangan ini akan diberikan kepada penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). 

Pemberian bansos akan ditujukan kepada warga yang sudah terdaftar di Kemensos. Jika sudah mendaftar, bisa dicek langsung, baik melalui aplikasi atau website Cek Bansos Kemensos.

Jika belum ada, bisa dilakukan pendaftaraan agar bisa mendapatkan bansos pada periode berikutnya.

Berikut cara mendaftar Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) dan PKH.

Bansos BNPT:

  1. Siapkan kartu keluarga (KK) dan KTP
  2. Datangi aparat desa terkait.
  3. Kalau sudah nantinya kamu akan diberikan data untuk diisi agar bisa langsung diproses pada provinsi. Data ini harus kamu isi dengan benar agar bisa dapatkan data yang tepat.
  4. Kalau proses sudah selesai nantinya akan ada kode unik yang berasal dari kartu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), KK dan juga KTP ya.
  5. Dari situ bank akan membukakan rekening untuk kamu agar bisa mendapatkan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).
  6. Dengan membawa KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera ini pasti akan bisa dengan mudah membeli semua keperluan pada toko Gotong Royong terdekat. Atau biasanya disebut dengan minimarket gotong royong ya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bansos PKH

  1. Siapkan data pribadi KTP dan Kartu Keluarga.
  2. Datangi kantor kelurahan
  3. Berikan semua berkas untuk segera diproses pada pusat.
  4. Kalau sudah, data kamu akan divalidasi ya, nantinya jika sudah tervalidasi data kamu bisa dimasukan pada SIKS (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial).
  5. Terakhir kamu bisa melanjutkan ke proses pengesahan oleh pemerintah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos

  • PKH merupakan Program Keluarga Harapan.

    PKH

  • Kemensos atau Kementerian Sosial adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan sosial.

    kemensos

  • BPNT