Sukses

6 Pendaki Tersesat di Gunung Lemongan, BPBD Lumajang Turunkan Tim Pencarian

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pencarian enam pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Lemongan.

Liputan6.com, Lumajang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pencarian enam pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Lemongan.

Kepala Pelaksana BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi mengatakan, pihaknya bersama tim rekasi cepat BPBD Lumajang langsung bergerak cepat untuk mencari enam pendaki yang dikabarkan tersesat tersebut.

“Kami bersama tim pendukung menyusul tim yang sudah berangkat sejak pagi untuk melakukan pencarian awal,”ujar Patria, Sabtu (28/1/2023).

Kata dia, tim pendukung sudah berada di lokasi pohon signal, namun cuaca di kawasan Gunung Lemongan masih hujan, sehingga pencarian pendaki dihentikan sambil menunggu tim penyapu yang masih di belakang dan akan melanjutkan perjalanan ke Watu Gede.

Berdasarkan data petugas Posdalops PPBD Lumajang  bahwa rombongan pendaki yang terdiri atas Diaz warga Tompokersan, Alfan warga Desa Purworejo, Elisa warga Desa Labruk, Chein warga Desa Kutorenon, Biran, warga Jalan Suwandak, dan Miftah warga Desa Yosowilangun.

“Para pendaki itu mulai mendaki sekitar pukul 17.00Wib dari Pos Mbah Citro menuju puncak Gunung Lemongan,” tambahnya.

Ia menjelaskan Rombongan pendaki menghubungi teman yang ada di Lumajang, dan pukul 07.19 Wib menghubungi kembali bahwa rombongan masih diseputaran puncak Gunung Lamongan.

“Informasi itu dilaporkan ke BPBD dan pemberangkatan Tim Adven TRC BPBD Lumajang untuk cek kebenaran informasi,”tambahnya.

Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang Nur Cahyo Setelah mendapatkan laporan, tim segera melakukan pengecekan dan pendalaman informasi, Tim adveb TRC BPBD Kabupaten Lumajang melakukan pencarian di titik koordinat yang telah terhubung dengan survivor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.