Sukses

Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Jember Lakukan Pemangkasan Pohon

Pemangkasan pohon dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem pada akhir tahun ini di Kabupaten Jember.

Liputan6.com, Jember - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember, Jawa Timur melakukan pemangkasan pohon di sejumlah titik ruas jalan protokol di Kota Jember mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem pada akhir tahun.

Kepala BPBD Jember, Sigit Akbari mengatakan, pemangkasan pohon ini difokuskan di wilayah kecamatan Kota Jember. Sebab di daerah ini cukup banyak pohon yang mempunyai dahal dan ranting yang cukup lebat, sehingga ketika terjadi hujan lebat disertai angin cukup membahayakan pengguna jalan.

“Berawan dari kejadian belum lama ini yang menimbulkan korban, kami coba berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan Gerakan cepat penanganan dan antisipasinya,” ujar Sigit Akbari, Kamis (29/12/2022).

Kata Sigit, proses pemangkasan pohon ini, dilakukan bersama sejumlah instansi terkait, seperti Dinas Pegkerjaan Umum Cipta Kraya, Dinas Lingkungan Hidup dan Perusahan Listrik Negara (PLN) Jember. Kata dia, masing- masing instasi  menjalankan fungsinya dalam kegiatan ini.

“Pengkasan pohon ini serentak dilaksanakan tim gabungan dari sejumlah instansi karena masing-masing intansi tersebut mempunyai fungsinya sendiri. Seperti PLN berfungsi untuk memberbaiki saluran listrik yang rusak akibat tetrimpa dahan pohon, dan dinas PU menyediakan truk untuk proses pemangkasan pohon. Sedangkan tenaganya dilakukan oleh tim dari BPBD Jember, dan Dinas Lingkungan Hidup Jember,” paparnya.

Dengan keahlian masing-masing, tim gabungan bergerak untuk melakukan antisipasi secara cepat dengan cara pemangkasan pohon. “Untuk pohon yang diatas kabel PLN dilakukan oleh tim PLN, sedangkan pembersihanya dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Jember,” tambahnya.

Sigit memperkirkan pohon yang akan dilakukan pemangkasan mencapai hingga 100 pohon yang tersebar di sejumlah titik di Jember. Dengan mengerahkan puluhan personil dari berbagai unsur.

“Ditargetkan pemangkasan ini selesai dilakukan sebelum tahun baru,” tegas Sigit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1 Orang Tewas Tertimpa Pohon

Sekedar diketahui, Dua pekan yang lalu, satu orang meninggal dunia dan empat lainya mengalami luka- uka karena kendaraan yang mereka tumpangi tertimpa pohon tumbang di Jember.

Pohon tumbang tersebut karena memang sudah lapuk, sehingga menimpa mobil bernomor polisi P-1894 KN dari arah selatan menuju ke Bondowoso dan seorang pengendara motor dari arah utara atau berlawanan dengan motor.

“Kejadian tumbangnya pohon tersebut menyebabkan satu korban meninggal dunia yang berada di dalam mobil atas anama Tolha warga Kecamatan Bangsalsari, sedangkan tiga penumpang mobil lainya mengalami luka-luka,” tambah Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo.

KetiGA korban luka-luka itu diantarnya Ahmad Syafiq Barza warga kelurahan Sumbersari, Kecamatan Sumbersari mengalami cedra di Kaki Kanan.

“Mobil pohon yang tetrimpa pohon tumbang mengalami rusak berat, bahkaan petugas harus mengevakuasi sopi yang terjepit hingga akhirnta meninggal dunia,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.