Sukses

Satu Helikopter Basarnas Siap Amankan Pergantian Tahun Baru di Banyuwangi

Satu unit helikopter Basarnas itu disiagakan apabila dibutuhkan evakuasi melalui udara ketika terjadi kecelakaan laut dan bencana alam lainnya di Selat Bali.

Liputan6.com, Banyuwangi - Mengantisipasi keadaan darurat seperti kecelakaan laut maupun bencana alam saat libur Tahun Baru 2023, Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) Surabaya menyiagakan satu unit helikopter di Banyuwangi.

Satu unit helikopter dari Kantor Pencarian dan Pertolongan pada Basarnas Surabaya, itu selain disiagakan antisipasi emergency libur tahun baru, juga melakukan patroli udara di Selat Bali.

"Jadi, jelang tahun baru Basarnas Surabaya akan menerjunkan satu unit helikopter di Banyuwangi. Hal ini penting kami lakukan sebagai upaya antisipasi ketika terjadi keadaan darurat," ujar Kasi Ops Kantor Pencarian dan Pertolongan, Basarnas Surabaya, Haris Supardi, dilansir dari Antara, Selasa (27/12/2022).

Sebelumnya, lanjut dia, satu unit helikopter milik Basarnas disiagakan di Banyuwangi, jelang perayaan Natal selama tiga hari, mulai 24 hingga 26 Desember 2023.

"Sebelum perayaan Natal helikopter kami juga siagakan di Banyuwangi. Jadi standby di Bandara Banyuwangi," ujar dia.

Haris menjelaskan, satu unit helikopter Basarnas itu disiagakan apabila dibutuhkan evakuasi melalui udara ketika terjadi kecelakaan laut dan bencana alam lainnya di Selat Bali.

"Jadi, helikopter ini kalau pagi standby di Pelabuhan Tanjung Wangi, dan siangnya patroli udara. Setelah itu di Bandara Banyuwangi" kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini