Sukses

Status Tanggap Darurat Tetap Berjalan Meski Status Semeru Turun Jadi Siaga

Thoriqul Haq menyampaikan, saat ini masa tanggap darurat masih tetap berjalan dengan pengelolaan pengungsian yang dilakukan masih dalam tahapan untuk mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing

Liputan6.com, Lumajang - Status Gunung Semeru turun dari Level IV (Awas) ke level III (Siaga) terhitung sejak 9 Desember 2022 pukul 12.00 WIB.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan, saat ini masa tanggap darurat masih tetap berjalan dengan pengelolaan pengungsian yang dilakukan masih dalam tahapan untuk mulai kembali ke tempat tinggal masing-masing, terutama bagi masyarakat yang telah mendapatkan hunian relokasi di Desa Sumbermujur.

"Bagi yang sudah mendapatkan relokasi tau hunian tetap, kami akan mengarahkan kepada mereka semua untuk kembali ke rumah masing-masing. Bagi yang masih belum mendapatkan hunian relokasi, kami akan segera memasukkan dalam tenggang waktu maksimal hari Selasa, 13 Desember," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq, Sabtu (10/12/2022).

Selain itu, beberapa validasi data sekarang sedang dilakukan dengan melibatkan RT/RW dan Kepala Desa maupun camat, karena nantinya akan dilakukan penambahan hingga 200 keluarga (KK) yang itu merupakan sisa dari 1.200 KK yang sudah masuk.

"Masyarakat yang perlu mendapatkan informasi terkait dengan yang belum mendapatkan hunian relokasi bisa langsung hubungi kepala desa di balai desa masing-masing, baik di Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo maupun Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, atau ke BPBD yang sekarang masih standby di Balai Desa Penanggal," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan APG Gunung Semeru Segera Diselesaikan

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah membantu dalam beberapa hari dalam mengelola pengungsian, membantu dapur umum dan segala kebutuhan masyarakat yang mengungsi.

Selain itu, relawan juga bisa menyampaikan kepada Pemkab Lumajang terkait dengan validasi data masyarakat yang terdampak erupsi.

"Nanti kita akan kroscek semua terkait bagaimana mekanisme dan langkah-langkah yang sudah kita lakukan maupun yang akan kita lakukan, itu sebagai bentuk kolaborasi bagaimana penanganan bencana APG Semeru ini bisa segera kita tuntaskan dan selesaikan," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.