Sukses

Gempa Magnitudo 6,2 Goyang Jember, Warga Diimbau Tidak Panik

Liputan6.com, Jember - Gempa berkekuatan magnitudo 6,2 menggoyang Jember, Selasa (6/12/2022) sekitar pukul 13. 07 Wib. Pusat gempa berada di laut, 284 Kilometer Barat Daya Jember,  tepatnya 10.75 Lintang Selatan,  113 42 Bujur timur.

“Untuk kedalaman gempa 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami,” ujar Prekirawan BMG Banyuwangi Anjar Triono Hadi.

Kata Ajar, gemba 6,2 SR ini dirasakan di Jember, Gubuk Emas, Mataram dan Kepanjen Malang III MMI.

“Sedangkan di Sumber pucung , Madiun, Ponorogo, Kute, dan Kute Selatan, Bantul, Yogyakarta, Klaten dan Banyuwangi II MMI,” tambah Ajar.

Ajar meminta kepada masyarakat tidak panik  dan tetap waspada, karena gempa tidak berpoetnsi tsunami.

Menurut Anjar ada kemungkinan terjadi gempa susulan namun diperkirakan kekuatanya akan lebih kecil.

”Kemungkinan ada gempa susulan tapi kekuatanya biasanya akan lebih kecil dari gempa awal,” paparnya.

Sekretaris Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan, Gempa 6,2 SR, dirasakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Jember. Namun hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan.

“Berdasarkan laporan dari teman- teman di lapangan, gempa dirasakan menyeluruh di Kabupaten Jember. Tapi hingga saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan,”kata Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tetap Tenang

Heru menambahkan, tim reaksi cepat BPBD jember, sedang pendataan untuk mengatahui lebih lanjut akibat gempa ini di kalangan masyarakat.

“Tim BPBD Jember  saat ini sedang bekerja untuk mendata di masyarakat apakah ada kerusakan ataupun korban jiwa di lapangan ini masih kita tunggu laporanya. Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan maupun korba jiwa,’paparnya

Heru menghimbau masyarakat untuk tidak panik tetap tenang dan waspada. “Mayarakat jangan takut dan panik tetap waspada,”pungkasnya

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS