Sukses

Alasan Kejurnas Karate INATKF Piala Erick Thohir Digelar di Surabaya

 

Liputan6.com, Surabaya - Ratusan karateka yang tergabung dalam Indonesian Traditional Karate Federation (INATKF) berlaga dalam Kejuaraan Nasional memperebutkan Piala Erick Thohir, 21 hingga 23 Oktober 2022 di Kota Surabaya.

Ketua Umum INATKF Muhammad Muchlas Rowi menuturkan, jika penamaan Kerjurnas tersebut adalah untuk mengambil inspirasi dari kiprah Erick Thohir dalam dunia olahraga.

"Ini sejarah baru. Peran Pak Erick Thohir begitu penting, Selain membuat basket Indonesia meraih emas pertamanya pada SEA Games, juga mendorong transformasi sepakbola Indonesia sehingga terhindar dari sanksi,” ujarnya, Sabtu (23/10/2022).

Muchlas menjelaskan, setiap individu sejatinya memiliki jiwa kesatria atau superhero. Namun, kata dia, tidak semua orang seperti Pak Erick Thohir, memiliki keberanian untuk memunculkan potensi tersebut.

“Keputusannya untuk membeli dan membangun klub basket satria muda, mendirikan Satria Dewa Studio, atau membeli Klub Inter Milan, membangun basket nasional, serta melakukan transformasi sepakbola sejatinya dapat menggambarkan nilai kesatriaan selalu bersemayam dalam jiwanya,” tutur Muchlas.

Menurut Muchlas, Kejurnas Karate Tradisional ini sengaja digelar di Surabaya dan berdekatan dengan momen Hari Sumpah Pemuda. Menurutnya, ini dilakukan untuk menguatkan semangat persatuan dan kesatuan para peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kejurnas Karate Tradisional digelar Oktober, berdekatan dengan momentum Sumpah Pemuda. Pelaksanannya juga dilakukan di Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Harapannya, dapat menguatkan semangat persatuan dan kesatuan para peserta dari berbagai daerah,” ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

9 Jenis Lomba

Piala Erick Thohir mempertandingkan 9 jenis perlombaan, mulai dari Perorangan, Kata Beregu, Kumite Perorangan, Kumite Beregu, Ko-Go Kumite, Fukugo, Enbu Berpasangan, Kobudo Beregu Campuran. Tak cuma itu, Piala Erick Thohir juga melombakan Kata Perorangan untuk yang berkebutuhan khusus.

Kejurnas ini juga merupakan ajang pencarian bakat para atlet, dimana pemenang terpilih akan diikutsertakan untuk mengikuti kejuaraan dunia karate tradisional ITKF ‘Slovenia 2022.

Perlu diketahui, INATKF merupakan anggota penuh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) sebagai lembaga resmi negara. Agenda Kejurnas ini ditetapkan pada 28 September 2020 lalu dalam Rapat Kerja Nasional di Tangerang Selatan, Banten. INATKF juga anggota penuh dari International Traditional Karate Federation (ITKF).

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS