Sukses

Pohon Tumbang Akibat Cuaca Ekstrem Timpa Sejumlah Rumah di Probolinggo

Sebuah musala dan rumah milik Mansur warga Dusun Paleran Desa Maron Wetan, rusak berat dan rumah milik Andi di Dusun Sekolahan Desa Klenang Lor Kecamatan Banyuanyar rusak sedang.

Liputan6.com, Probolinggo - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Probolinggo pada Minggu (9/10/2022) malam, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Sebuah musala dan rumah milik Mansur warga Dusun Paleran Desa Maron Wetan, rusak berat dan rumah milik Andi di Dusun Sekolahan Desa Klenang Lor Kecamatan Banyuanyar rusak sedang.

“Kerusakan juga dialami rumah milik Farida di Dusun Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan dengan kondisi rusak berat. Di lokasi yang sama, rumah milik Sukarman mengalami rusak ringan hingga sedang,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Probolinggo Sugeng Suprisayogo, Senin (10/10/2022).

Kata Sugeng, tumbangnya sejmlah pohon ini diakibatkan oleh cuaca ekstrem. Dimana terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang mulai pukul 15.00 Wib hingga 17.30 Wib di wilayah  Probolinggo.

"Angin kencang ini mengakibatkan pohon tumbang yang mengganggu akses jalan desa, menimpa rumah, musala serta kabel milik PLN hingga kerusakan di Desa Pesisir Kecamatan Gending, Desa Pendil Kecamatan Banyuanyar, Desa Karangpranti dan Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan serta Dusun Paleran Desa Maron Wetan," tambahya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendataan

“Kita langsung melakukan Pembersihan material pohon yang melibatkan tim gabungan dari TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Polri, Tagana dan Damkar (Pemadam Kebakaran) pada Satpol PP Kabupaten Probolinggo,”tambahya.

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Probolinggo, hingga saat ini masih terus mendata, kerusakan yang ditimbulkan akibat hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Probolinggo kemarin malam tersebut.

"Kita masih belum tau persis berapa kerugian yang ditimbulkan ya. Tapi Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian. Sampai saat ini TRC BPBD Probolinggo masih terus pendataan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.