Sukses

Harga Daging Sapi dan Ayam di Banyuwangi Naik Menjelang Lebaran

Saat ini di pasaran harga daging sapi per kilogram dibanderol Rp 140 ribu. Naik sebesar Rp 10 ribu dibanding sebelum Ramadan.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sejumlah komoditi di Pasar Banyuwangi naik harga menjelang lebaran. Komoditi yang mengalami kenaikan yakni daging sapi dan daging ayam.

Saat ini di pasaran harga daging sapi per kilogram dibanderol Rp 140 ribu. Naik sebesar Rp 10 ribu dibanding sebelum Ramadan.

Pun daging ayam saat ini harga per kilogram mencapai Rp 40 ribu atau naik sebesar Rp 2 ribu dibanding sebelum ramadan.

Ahmad Muhyi (32), salah satu pedagang mengatakan kenaikan mulai terasa sejak awal Ramadan. Semula Rp 130 ribu mendekati lebaran berangsur naik menjadi Rp 140 ribu.

"Mendekati lebaran bahan-bahan naik, termasuk daging," kata Muhyi sapaan akrabnya, Selasa (26/4/2022).

Kendati mengalami kenaikan Muhyi mengatakan di momen lebaran permintaan konsumen justru tinggi. Per hari ia menyembelih 3 ekor sapi menghasilkan sekitar 3,5 kwintal daging. Dalam sehari biasanya ludes.

"Konsumennya ya pemilik usaha warung, pedagang bakso, termasuk ibu rumah tangga. Kadang mengeluh tapi saya juga menjelaskan saat ini harga naik. Biasanya setelah lebaran turun tapi kemungkinan ya turun tapi gak banyak," tegasnya.

Sementara itu Pedagang Ayam Potong, Handayani (51) mengatakan bila harga ayam  turut naik Kenaikan terjadi nyaris bersamaan dengan naiknya harga daging sapi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Meningkat

"Saat ini per kilogramnya Rp 40 ribu, awal Ramadan lalu masih Rp 38 ribu. Ayam kampung masih tetap harganya per kilogram Rp 80 ribu," ujarnya.

Pun sama dengan daging sapi, selama Ramadan dan jelang lebaran permintaan daging ayam meningkat. Alhasil penghasilan Handayani meningkat 2 kali lipat.

"Selama Ramadan ini saya mampu menjual 50 kilogram. Di hari-hari biasa cuma 25 kilogram. Stoknya aman dan tidak ada kendala," tandasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.