Sukses

Hotel di Kota Malang Laris Manis Jelang Tahun Baru, Kamar Penuh  

Ida mengungkapkan, geliat sektor pariwisata, khususnya perhotelan di Kota Malang, memberikan dampak positif pada peningkatan perekonomian Kota Malang.

Liputan6.com, Malang - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni, sejumlah hotel di Kota Malang full booked menyambut Tahun Baru 2022.

"Tapi kami beri rambu-rambu untuk pasang Pedulilindungi supaya ada controlling. Ini langkah cepat dari kami," ujar Ida Ayu, Minggu (26/12/2021), dikutip dari TimesIndonesia.

Ida mengungkapkan, geliat sektor pariwisata, khususnya perhotelan di Kota Malang, memberikan dampak positif pada peningkatan perekonomian Kota Malang.

Namun, dia selalu mengimbau agar pengelola hotel untuk antisipasi agar tak memunculkan penambahan kasus baru Covid-19. Apalagi, ia mendapat laporan bahwa hampir seluruh tamu hotel yang telah reservasi berasal dari luar Malang Raya.

"Kita setiap hari selalu mengingatkan melalui grup WA (WhatsApp) berkaitan dengan prokes (protokol kesehatan) itu," ungkapnya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, Agoes Basoeki membenarkan bahwa memang beberapa hotel di Kota Malang sudah full booked.

Meski begitu, ia tetap meminta kepada seluruh pengelola hotel menjaga prokes. Apalagi prediksi kenaikan okupansi tamu saat Tahun Baru 2022 bisa meningkap lebih dari 70 persen.

"Kami yakin di angka tersebut (prosentase okupansi hotel), karena mengingat pada tahun lalu kami drop tak ada tamu, karena adanya penyekatan," katanya.

Agoes menambahkan, jika saat Tahun Baru 2022, dipastikan tetap tak ada perayaan kembang api di setiap hotel Kota Malang. Sebab, melihat dari Surat Edaran (SE) Walikota Nomor 71 Tahun 2021 telah menyebutkan bahwa kegiatan mengumpulkan massa masih dilarang.

"Kami minta agar para pengelola hotel untuk bisa berinovasi membuat perayaan tahun baru tanpa mengundang kerumunan," imbuhnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Santika Penuh

Public Relation Officer Hotel Santika Premiere Malang, Essa Adeline mengakui bahwa memang hampir rata-rata di seluruh hotel di Kota Malang penuh, termasuk di Hotel Santika Premiere Malang.

Dia juga memastikan untuk di Santika sendiri hanya tersisa sedikit kamar saja dan hampir seluruhnya sudah dipesan hingga akhir tahun 2021 nanti.

"Rata-rata sepertinya penuh semua. Kita punya 111 rooms. Sementara saat ini sudah 75 persenan yang terisi sampai akhir tahun," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.