Sukses

40 Napi Lapas Tulungagung Terpapar Tuberculosis

Hasil uji laboratorium sampel dahak itu secara resmi akan diketahui 3-4 hari ke depan.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 40 warga narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tulungagung diduga telah terpapar bakteri tuberculosis (TB).

"Status mereka sementara masih suspect atau terduga, berdasar sampel dahak yang kami lakukan terhadap 600 warga binaan di LP Tulungagung," kata Kasi P2P Dinas Kesehatan Tulungagung Muhroji, Jumat (8/10/2021), dikutip dari Antara.

Tracing dilakukan dengan mengambil sampel dahak seluruh warga binaan. Hasilnya, berdasar tes cepat ditemukan indikasi TB pada 40 dari 600 warga binaan.

"Mereka ini diketahui suspek dari skrining awal, kemudian diambil sampel dahaknya untuk kita uji lab-kan," jelasnya.

Hasil uji laboratorium sampel dahak itu secara resmi akan diketahui 3-4 hari ke depan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelacakan Lanjutan

Muhroji menyebut, ketika nanti yang bersangkutan dipastikan positif TB, pihaknya memilih akan melakukan pelacakan lanjutan, bekerja sama dengan pihak Kesehatan yang ada di dalam LP dan Puskesmas Kedungwaru.

"Pasti akan ada tindakan lanjutan untuk yang positif ini, mulai dari ditempatkan di sel yang sudah disediakan hingga diberikan obat rutin oleh tim kesehatan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.