Sukses

34,2 Juta Penduduk Jatim Belum Dicatatkan dalam Sensus Penduduk

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menuturkan, sensus penduduk menjadi langkah awal mewujudkan kesatuan data tentang kependudukan yang sangat strategis dan terkini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meminta bupati/wali kota untuk mendukung, memaksimalkan dan mengkoordinasikan secara intensif pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 secara luring atau luar jaringan sepanjang September 2020.

Khofifah menuturkan, sensus penduduk menjadi langkah awal mewujudkan kesatuan data tentang kependudukan yang sangat strategis dan terkini.

"Data kependudukan menjadi kunci penting dalam membuat perencanaan pembangunan di berbagai bidang sehingga hasilnya akan lebih signifikan," tutur Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa, (1/9/2020), seperti dikutip dari Antara.

Sensus penduduk dalam rangka satu data kependudukan Indonesia juga sebagai salah satu perwujudan dari Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Di tahapan sebelumnya, kata Khofifah, dalam sensus penduduk secara daring masih 6,8 juta penduduk dari total 40,9 juta penduduk Jatim yang berpartisipasi atau baru 17,13 persennya. "Artinya, masih ada sekitar 34,2 juta penduduk Jatim yang belum dicatatkan," ujar dia.

Oleh karena itu, kata Khofifah, masyarakat memiliki tugas, tanggung jawab dan kewajiban sama untuk memaksimalkan Sensus Penduduk 2020 sekaligus menjadi usaha untuk mendapatkan data valid dan update.

Tak hanya menghasilkan data jumlah penduduk, tetapi dari sensus penduduk ini, kata dia, akan didapatkan pula komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khofifah Minta Bupati/Wali Kota Mendukung Sensus Penduduk

Khofifah meminta bupati/wali kota untuk mendukung, memaksimalkan dan mengoordinasikan secara intensif pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 secara luring selama September ini.

Khofifah menambahkan nantinya hasil sensus ini bisa digunakan untuk percepatan pemutakhiran data, terutama dalam menyiapkan basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal ini, lanjut dia, menjadi bagian penting untuk memaksimalkan presisi dari seluruh intervensi bantuan sosial yang dilakukan oleh pemerintah, baik kabupaten/kota, pemprov, termasuk berbagai ragam program serupa yang disiapkan oleh pemerintah pusat.

"Data penerima bantuan sosial sangat dinamis. Untuk itu verifikasi dan validasi sangat penting karena sering terjadi inclusion dan exclusion error," kata Khofifah.

3 dari 3 halaman

BPS Jatim Libatkan 32 Ribu Petugas

Terpisah, Kepala BPS Provinsi Jatim Dadang Hardiwan mengatakan, sensus penduduk di Jatim pada September 2020 ini melibatkan sekitar 32 ribu orang, yang terdiri dari 30 ribu petugas sensus dan lebih dari 2.000 orang koordinator sensus kecamatan.

Pada pelaksanaannya nanti, kata dia, para petugas dilengkapi dengan identitas diri dan alat pelindung diri sesuai dengan protokol kesehatan, bahkan dilakukan tes cepat terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.