Sukses

Yuk, Simak Tips Dosen Unair untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil menuturkan untuk menjaga imunitas diperlukan berbagai upaya antara lain manajemen stres, jaga pola makan, istirahat dan olahraga.

Liputan6.com, Surabaya - Guru Besar Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Prof Dr Mangestuti Agil menganjurkan masyarakat untuk menjaga kesehatan sehingga daya imunitas tetap terjaga baik. Hal ini untuk melawan virus.

Ia menuturkan, untuk menjaga imunitas tersebut diperlukan berbagai upaya antara lain manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat, dan olahraga teratur.

"Ke semuanya itu sudah satu paket. Jika dijalankan dengan baik maka imunitas akan kuat dan membuat manusia sehat. Terhindar dari virus seperti virus corona," kata dia, Senin, 2 Maret 2020.

Selain itu, ia mengajak masyarakat masyarakat kembali mengoptimalkan empon-empon atau rempah tradisional agar terhindar dari virus corona (Covid-19) yang telah masuk ke Indonesia.

"Dunia sedang dihebohkan dengan adanya virus corona. Maka, diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran virus corona yang semakin masif yakni dengan empon-empon," kata dia.

Dia menuturkan, tubuh manusia yang sehat sudah dilengkapi dengan daya imun atau kekebalan tubuh yang baik untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus.

"Namun saat manusia lengah dan daya imunitas itu turun, maka penyakit dan berbagai virus akan mudah datang serta menyebabkan tubuh menjadi sakit," kata dosen Fakultas Farmasi Unair tersebut.

Saksikan Video Pilihan d Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimalkan Rempah-Rempah

Dia menuturkan, kunyit misalnya, memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Selain kunyit, ada juga jahe. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe. Atau juga bisa mengonsumsi susu telor madu jahe (STMJ). Selain itu, ada juga minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh.

"Mari kita kembali renungkan cara hidup sehat yang sudah diwariskan oleh pendahulu kita. Sekali lagi mari kita kembali pada pola hidup sehat," ucap dia. 

Dia menuturkan, bahan alam itu akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh kita. Hal ini sudah menjadi hukum alam. Asalkan semua dikonsumi dengan teratur dan rutin yakni minimal tiga kali dalam seminggu.

"Ingat, sudah sedari dulu empon-empon sudah menjadi bagian dari Indonesia. Masalahnya belum banyak masyarakat kita yang menaruh perhatian. Meski di era sekarang semua kasiat sudah teruji, diperlukan perhatian kita untuk kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.