Sukses

Ini Langkah Dishub Jatim Kurangi Macet Saat Natal dan Tahun Baru

Dinas Perhubungan Jawa Timur membatasi angkutan barang menjadi dua periode untuk mengurangi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan Jawa Timur membatasi angkutan barang menjadi dua periode untuk mengurangi kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Dishub Jawa Timur, Fattah Jasin mengatakan, pembatasan angkutan barang periode pertama dilakukan 20-21 Desember 2019. Selanjutnya 31 Desember-1 Januari 2019 yang dimulai pukul 00.00-24.00 WIB.

"Itu truk di wilayah Jatim khususnya di jalan nasional dilarang melintas di ruas Jalan Mojokerto, Madiun, Pandaan, Malang, Probolinggo dan Lumajang," kata Fattah di Surabaya, Senin, 16 Desember 2019.

Akan tetapi, ada pengecualian bagi truk yang membawa air dalam kemasan, migas, BBM, ekspor, impor, ternak dan sembako, dilansir dari Antara.

Fattah menyampaikan selama libur Natal dan Tahun Baru ini infrastruktur jalan nasional di Jatim dapat dilewati. Berdasarkan informasi yang didapat dari BBPJN VIII, secara fisik jalan selesai 94 persen.

"Artinya ini akan mendukung kelancaran arus transportasi di jalan," kata dia.

Tak hanya lalu lintas, Fattah juga mengantongi laporan BMKG terkait cuaca selama Natal dan Tahun Baru nanti. Ia menyebut mulai tanggal 22 Desember mendatang curah hujan di kawasan Jatim tinggi.

"Karena itu maka perhatian dari kita khususnya di laut. Kantor otoritas Tanjung Perak sudah menyatakan kesiapannya untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan di Natal dan tahun baru dengan mendirikan posko," ujarnya.

Sementara di Bandara Juanda yang melibatkan para pihak untuk memastikan enam sampai tujuh bandara yang tidak dikelola di Angkasa Pura juga disiapkan posko, termasuk Sumenep dan Banyuwangi.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.