Sukses

Yuk, Jelajahi 5 Tempat Ini di Surabaya Utara

Surabaya, Jawa Timur memiliki sejumlah wilayah yang terbagi atas Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, dan Surabaya Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya, Jawa Timur memiliki sejumlah wilayah yang terbagi atas Surabaya Timur, Surabaya Barat, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, dan Surabaya Pusat.

Di wilayah tersebut, ada berbagai tempat menarik yang dapat dikunjungi untuk berwisata, belanja, sekolah, dan lainnya. Bicara mengenai wisata, Surabaya menawarkan wisata kota yang menjadi daya tarik kota ini. Oleh karena itu, membenahi layanan publik, fasilitas umum, membangun taman, dan lainnya terus dilakukan sehingga menarik para wisatawan.

Meski demikian, di salah satu wilayah di Surabaya juga menawarkan wisata alam yang tak kalah menarik. Salah satunya di wilayah Surabaya Utara. Di daerah ini salah satunya dapat ditemui wisata bahari. Selain itu juga bisa menikmati wisata religi.

Wilayah ini memiliki sejumlah kecamatan antara lain Bulak, Kenjeran, Semampir, Pabean Cantian, dan Krembangan. Ingin  tahu apa saja yang dapat dijelajahi di Surabaya Utara? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/9/2019):

1. Pantai Kenjeran

Surabaya memiliki wisata bahari yang dapat jadi pertimbangan untuk dikunjungi. Salah satu Pantai Kenjeran. Pantai ini terbagi menjadi Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Di Pantai Kenjeran Lama, ada sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan pada wisata konvensional. Para pengunjung dapat menikmati pemandangan alam dengan ombak tidak terlalu besar. Biasanya pengunjung berlayar dengan menyewa perahu dan berenang.

2.Pantai Kenjeran Baru

Di wilayah ini ada sejumlah daya tarik utama yaitu Klenteng Sanggar Agung, Pagoda Tian Ti, dan waterpark. Di Pantai Kenjeran Baru ini terdapat Jembatan Kenjeran. Objek wisata ini merupakan wisata air mancur menari atau dancing water.

3. Pagoda Tian Ti

Di wilayah Kenjeran, ada salah satu bangunan pagoda di dekat pantai yang memiliki ciri arsitektur China, seperti disebutkan dalam buku Travelicious edisi Surabaya, Malang, dan Madura karya Ariyanto. Bangunan pagoda ini bernama Pagoda Tian Ti yang lokasinya di Kenjeran Park. Tian Ti berarti bumi langit.

Bangunan ini disebutkan sebagai duplikat pagoda sejenis yang ada di Beijing, China. Sebelum masuk ke areal pagoda, kita akan melewati dulu Kya Kya 12 Shio. Di sana dapat ditemui berbagai jenis shio dan simbolnya.Kemudian masuk ke dalam lokasi Kya Kya Sea Side, sebelum akhirnya sampai di Pagoda Tian Ti. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masjid

4. Masjid Agung Sunan Ampel

Masjid ini didirikan oleh Sunan Ampel (nama aslinya Raden Achmad Rachmatulloh). Masjid ini didirikan sebagai upaya dakwahnya di Kawasan Ampel.

Masjid yang telah berdiri sejak 1421 Masehi tersebut, berada di kawasan kota lama wilayah utara Surabaya atau tepatnya di kawasan Kampung Arab.

Masjid Agung Sunan Ampel mempunyai gaya arsitektur yang merupakan hasil perpaduan antara Jawa dan Arab. Kemudian, di kompleks masjid ini pula, terdapat makam Sunan Ampel yang wafat pada 1481 Masehi.

5.Jalan Gula

Jalan ini berada di Kelurahan Bongkaran, Kecamatan Pabean Cantikan. Wilayah ini merupakan pusat pergudangan dan lokasi bongkar muat.

Adapun Jalan Gula merupakan sebuah gang sempit yang letaknya di antara bangunan-bangunan tua. Akan tetapi, hal itu tak menyurutkan keinginan warga untuk mengunjungi Jalan Gula.

Hal ini lantaran jalan ini menawarkan suasana terkesan tua, usang dan klasik. Ditambah bangunan tua berarsitektur Belanda dan tidak terawat juga menjadi daya tarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.