Sukses

Ariel Bebas, Noah pun Lahir

Bebasnya Ariel dari tahanan membuat dunia musik menyambut kedatangan sang maestro. Meski tak lagi menggunakan nama Peterpan, Ariel tetap eksis bermusik dengan menggunakan nama masing-masing personel, yaitu "Ariel, Uki, Lukman, Reza, David".

Di tahun yang sama, mereka merilis album Suara Lainnya. Album ini merupakan album yang berisi musik versi instrumental lagu-lagu Peterpan ditambah dengan lagu "Dara", sebuah singel yang diciptakan oleh Ariel di dalam tahanan.

"Sebenarnya bukan hanya lagu 'Dara' saja, ada banyak lagu, lumayan banyak, cuma karena waktu di dalam rutan itu cuma punya waktu luang lima jam sehari," kata Ariel.

NOAH

Selain itu, pada album ini, vokal pada lagu 'Cobalah Mengerti' diisi oleh vokalis Geisha, Momo. Keberadaan Momo sendiri sempat digosipkan memiliki hubungan spesial dengan Ariel. Namun dalam beberapa kali kesempatan, Momo mengelak dan menjelaskan jika hubungan ini murni karena mereka berada dalam satu label.

Album ini merupakan album pertama yang dirilis dengan tidak menggunakan nama Peterpan setelah kontrak penggunaan namanya resmi berakhir pada tahun 2009. Mereka adalah band satu-satunya yang mampu membuat album tanpa kehadiran sang vokalis di publik walaupun di balik itu semua sang vokalis banyak berkontribusi.

Meski sudah memiliki nama baru sebagai ganti Peterpan, Ariel dan kawan-kawan belum mau mengumumkannya. Nama baru tersebut sebenarnya sudah ada sejak 2010. Namun, Pada 2 Agustus 2012, band ini mengumumkan nama baru mereka, yaitu Noah. Noah sendiri berarti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur.

NOAH

"Nama ini hanya sekedar nama baru identitas Peterpan. Nama ini sudah sekitar dua tahun setengah lalu sudah ada. Tadi ada tiga, cuma memang ditunggu pas mau launching (nama baru) baru dikasih tau," kata Ariel

Pemilihan nama Noah sendiri dikatakan oleh Ariel tidak ada maksud-maksud tertentu, karena seperti diketahui bahwa nama Noah sendiri adalah nama nabi dalam bahasa Inggris.

"Kalau saya pribadi dengar nama itu memang lebih simpel. Kedua, kalau dengar musik yang kita mainin, nama ini Nggak terlalu berlebihan, satu warna (dengan musiknya). Pas diskusi pertama saya tanya artinya. Saya lihat artinya converter, long live dan blissful. Saya rasa nama itu cocok dengan kita," kata Uki.

NOAH

Tidak hanya nama bandnya berganti, nama sebutan penggemar mereka juga berganti nama dengan menghilangkan embel-embel Peterpan. Pada bulan yang sama, menggunakan nama baru, band ini merilis singel 'Separuh Aku' dan buku 'Kisah Lainnya'. Buku ini dijual di semua toko Kepustakaan Populer Gramedia dengan harga Rp. 65.000 + CD Audio Album Instrumental 'Suara Lainnya'.

Pada September 2012, Noah merilis album studio bertajuk 'Seperti Seharusnya'. Lagu andalan album ini adalah 'Separuh Aku' dan 'Hidup Untukmu Mati Tanpamu'. Penjualan album baru ini dilakukan melalui gerai KFC dan sudah terjual hingga 200 ribu keping selama tiga hari pertama penjualannya.

Di tahun 2012 juga, Noah melakukan konser dalam waktu 1 hari di Melbourne, Hong Kong, Kuala Lumpur, Singapura, dan berakhir di Jakarta. Noah berhasil meraih rekor dunia dari Museum Rekor Indonesia.

NOAH
"NOAH berhasil memecahkan rekor baru, menggelar konser 5 negera dalam satu hari," ujar perwakilan MURI.

Setelah CD original album Seperti Seharusnya terjual 1 juta kopi dalam waktu 5 bulan setelah perilisan, Noah mendapatkan penghargaan berupa plakat Multiplatinum dari Musica Studios dan Swara Sangkar Emas. Lagu "Separuh Aku" merupakan soundtrack sebuah sinetron berjudul Separuh Aku.

Tak hanya lagu Separuh aku yang menjadi soundtrack sinetron, lagu "Hidup Untukmu Mati Tanpamu" (H.U.M.T) merupakan soundtrack sebuah sinetron berjudul Yang Muda Yang Bercinta. Lagu "Jika Engkau" merupakan soundtrack sebuah sinetron berjudul Jodohku. Lagu "Tak Lagi Sama" merupakan soundtrack sebuah sinetron berjudul Putri Nomor 1. Noah termasuk musisi yang sukses menjual albumnya di gerai KFC seperti Ungu, Cinta Laura, Indah Dewi Pertiwi, Agnes Monica, Afgan, SM*SH dan Rossa.(Adt)