Sukses

Lagu-lagu Sekali Hit Milik Band Mancanegara

One-hit wonder menjadi fenomena tersendiri di dunia musik. Banyak band yang hanya mengandalkan satu lagu dalam kariernya. Siapa sajakah itu?

Istilah one-hit wonder sudah lama bergaung di kancah permusikan dunia. Julukan tersebut diberikan kepada beberapa penyanyi atau band yang hanya sanggup menciptakan satu buah lagu hit saja. Padahal, sebagai seorang musisi kelas dunia, harusnya mereka bisa membuat lagu-lagu hits lainnya.

Dari sekian banyak band yang hanya sanggup menciptakan satu lagu hit itu, jumlahnya tidaklah sedikit. Namun, beberapa band diantaranya menjadi sangat terkenal di seluruh dunia berkat karya hit satu-satunya itu.

Kemudian, apa sajakah lagu-lagu mancanegara yang hanya menjadi one-hit wonder selama beberapa dekade belakangan ini, terutama pada pertengahan abad lalu hingga awal abad ini?

Berikut judul-judul lagu beserta grup band yang menjadi penyandang julukan one-hit wonder.

My Sharona - The Knack (1979)
Band beraliran new wave asal Los Angeles ini memang sangat populer pada akhir 1970an. Pada saat itu, siapapun pasti mengenal lagu My Sharona yang didendangkan The Knack ini. Ketukan lagu yang mantap membuatnya menarik untuk didengarkan. Sayang, setelahnya The Knack tak mampu menciptakan lagu-lagu hits lain.

The Final Countdown - Europe (1986)
Sejak pertengahan era 1980an, The Final Countdown menjadi lagu paling populer dan tak ada duanya. Europe memang sangat cerdas dalam mengolah warna musik heavy metal menjadi menarik dan enak untuk didengar. Dari bagian intro saja kita bisa merasakan suasana epik yang membawa ke dalam sebuah imajinasi akan pertempuran. Namun ketika menelurkan beberapa lagu termasuk Carrie, tak ada lagi yang menjadi hits.

Tubthumping - Chumbawamba (1997)
Pada 1998 silam, video lagu ini diputar di banyak program musik televisi seluruh dunia. Bunyi-bunyian alat musik tiup yang dihembuskan membuat nuansa Tubthumping semakin unik dan enak didengar. Setelahnya, Chumbawamba tak mampu merilis hit terbaru lainnya.

Teenage Dirtbag - Wheatus (2000)
Lagu ini menjadi salah satu yang populer di kalangan remaja pada 2000 silam. Beraliran rock alternatif dengan karakter suara lantang Brendan B. Brown yang terdengar seperti perempuan, membuat Teenage Dirtbag cocok didengarkan di pagi hari. Malangnya, setelah lagu ini booming, penjualan album-album Wheatus merosot drastis.

Who Let the Dogs Out? - Baha Men (2000)
Siapa yang tidak kenal tembang yang dibawakan oleh grup band keturunan Afrika bentukan 1980 silam ini? Mengusung musik beraliran Junkanoo, mereka sukses menggelitik para penggemar musik pada 2000an silam. Nada pada lirik bagian refrain yang menggunakan judul lagu secara diulang-ulang, serta hentakan dari para penyanyinya, membuat Who Let the Dogs Out? terdengar unik dan aneh.

Wherever You Will Go - The Calling (2001)
Tembang Wherever You Will Go sangat terkenal sejak era 2001 hingga kini. Alunan vokal berkarakter suara berat namun lantang milik Alex benar-benar tak bisa dilupakan oleh para penikmat musik rock di kala itu. Sayang lantunan suara lantang Alex di lagu ini tak bisa diulang di lagu-lagu terbarunya hingga band ini bubar pada 2005 silam.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.