Sukses

Suho EXO Ngaku Telat Tahu Info soal Perseteruan CBX vs SM: Aku Kaget, Bingung, dan Kecewa

Suho EXO mengaku ia dan member grupnya yang lain tahu perselisihan EXO-CBX dengan SM Entertainment lewat pemberitaan media.

Liputan6.com, Seoul - Setelah drakor Missing Crown Prince tamat, Suho EXO meladeni wawancara dengan sejumlah wawancara dengan media Korea Selatan. Namun dalam momen tersebut, ia ditodong pertanyaan tentang topik panas yang tak ada sangkut pautnya dengan drakor yang ia bintangi ini.

Yakni mengenai perseteruan antara rekan satu grupnya di EXO yakni Chen, Baekhyun, dan Xiumin atau EXO-CBX, serta agensi mereka SM Entertainment.

Dilansir dari The Korea Times pada Selasa (18/6/2024), Suho mengaku baru tahu sengketa ronde kedua SM vs EXO-CBX ini dari media.

“Member yang lain, termasuk diriku, mengetahui tentang konferensi pers (EXO-CBX) lewat pemberitaan. Jadi aku cukup kaget, bingung, dan kecewa,” kata dia.

Ia meneruskan, “Tahun lalu juga ada insiden serupa, dan sejak saat itu yang paling kukhawatirkan adalah penggemar…aku ingin menyatakan bahwa aku sungguh minta maaf.”

Suho menjelaskan, EXO sebenarnya sudah punya rencana besar. “Dengan Sehun dan Kai yang akan menuntaskan wamil pada tahun depan, ada sejumlah rencana yang kami susun bersama agensi, seperti album musim dingin…tapi ini bukan sesuatu yang saat ini bisa kujanjikan, jadi aku cemas.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Permasalahan SM dan EXO CBX?

Seperti diberitakan sebelumnya, perserteruan antara EXO-CBX dengan SM Entertainment kembali menguar sekitar sepekan lalu.

Oleh kubu INB100, agensi Chen, Baekhyun, dan Xiumin, SM Entertainment dituding ingkar janji soal besaran tarif distribusi sebesar 5,5 persen. Sementara pihak SM menuntut 10 persen pendapatan Chen, Baekhyun, dan Xiumin sebagai royalti penggunaan hak intelektual sebagaimana yang tertera dalam kontrak.

Di sisi lain, EXO-CBX membuka kembali luka lama soal perselisihan dengan SM Entertainment mengenai transparansi pendapatan grupnya pada tahun lalu.

Perseteruan ini membuat kedua pihak pada akhirnya saling gugat ke pengadilan.

3 dari 4 halaman

Chen, Baekhyun, dan Xiumin Masih Tetap di EXO

Perseteruan ronde kedua antara Chen, Baekhyun, dan Xiumin dengan SM Entertainment membuat penggemar EXO deg-degan memikirkan nasib grup ini. Apalagi pada 11 Juni lalu, media Korea memberitakan bahwa EXO aslinya sedang berdiskusi untuk merilis materi baru untuk musim dingin mendatang.

INB100 lantas merespons pemberitaan ini dengan mengeluarkan pernyataan resmi. Mereka menegaskan trio CBX masih bergabung dalam EXO.

4 dari 4 halaman

Jawaban Pihak EXO-CBX dan SM Entertainment

“Konferensi pers pada 10 Juni digelar untuk menyampaikan kepada publik, bahwa membayar 10 persen dari pendapatan individu artis kepada SM yang lebih dulu melanggar perjanjian adalah sebuah ketidakadilan,” kata pihak INB100 mengawali pernyataan.

Diteruskan, “Hal ini tidak ada hubungannya dengan kelanjutan aktivitas grup EXO, dan CBX (Chen, Baekhyun, dan Xiumin) berjanji sekali lagi kepada penggemar, bahwa mereka akan sungguh-sungguh berpartisipasi dalam aktivitas grup EXO dengan SM di masa depan.”

SM juga memberikan jawaban singkat mengenai hal ini.

“Memang benar kami sedang merencanakan [perilisan musik EXO]. Belum ada diskusi lebih lanjut mengenai perubahan rencana ini,” kata jubir SM Entertainment.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.