Sukses

Putri Tukul Arwana Ungkap Detik-detik Mendebarkan saat Ayahnya Terserang Stroke, Posisi di Bawah Sofa

Kondisi mendebarkan pada saat Tukul pertama kali terserang stroke, diungkap oleh putrinya, Vita.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kesehatan Tukul Arwana kini berangsur membaik setelah mengalami pendarahan otak pada 2021. Setelah dioperasi dan menjalani pengobatan, kini Tukul Arwana mulai memberanikan diri untuk beraktivitas.

Terbaru, Tukul Arwana tampil sebagai bintang tamu di acara yang dipandu Raffi Ahmad. Dalam acara itu terungkap kondisi Tukul Arwana saat pertama kali terserang stroke yang disampaikan putrinya, Novita Eka Afriana, alias Vita.

Disebutkan Vita bahwa sang adik, Jovan, yang pertama kali menemukan Tukul dalam kondisi stroke. Kala itu, sang komedian tertidur di bawah sofa. Setelah diberi tahu Jovan, Vita langsung memanggil-manggil nama Tukul, namun tak ada tanggapan.

"Yang menemukan itu Jovan, habis pergi dari luar. Pas dia masuk, kok ayahnya sudah tiduran di bawah sofa. Kaget dong. Dipanggil-panggil, 'Ayah, ayah,' tapi enggak jawab. Terus Jovan panggil aku," ujar Vita dalam program FYP, dikutip dari kanal YouTube Trans 7, Jumat (14/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Momen Mendebarkan yang Bikin Anak Tukul Panik

Setelah mendapati kondisi ayahnya tak bisa merespons, Vita panik. Situasi mendebarkan dirasakan anak-anak Tukul saat itu. "Pas aku datangi, 'Ayah, ayah kenapa? Ayah kok enggak ngomong, kenapa?' Aku pikir keselek. Soalnya dia kayak (ekspresi tersedak)," terang Vita.

"Ya sudah, coba diambil air putih, enggak bisa. Langsung tumpah semua, enggak bisa minum, enggak bisa menelan. Tapi pas tumpah itu ayah sadar. Kayak langsung mengelap (ekspresi spontan)," sambungnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Langsung Dilarikan ke Rumah Sakit

Setelah itu, anak-anak Tukul Arwana membawa ayah mereka ke rumah sakit. Barulah mereka menngetahui penyakit yang diderita Tukul hingga sang presenter Empat Mata langsung dioperasi.

"Pindah ke rumah sakit khusus untuk orang stroke. Ke sana langsung CT Scan, dan lain-lain, disarankan untuk operasi," jelas Vita. "Karena ternyata ayah pecah pembuluh darah. Malam itu juga dioperasi," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Setelah Dioperasi

Setelah dioperasi, kondisi Tukul Arwana sempat memprihatinkan. Suami mendiang Susiana tak bisa lagi bergerak aktif. Tukul juga kesulitan menggerakkan kepala ke kiri maupun kanan.

Tak hanya itu, Tukul Arwana hanya bisa berbaring dan kesulitan duduk. Vita membeberkan waktu yang dibutuhkan Tukul untuk bisa kembali menggerak-gerakkan tubuh.

"Butuh tiga bulanan ayah baru bisa nengok, duduk. Tadinya benar-benar enggak bisa ngapa-ngapain sama sekali," putri Tukul Arwana menyampaikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.