Sukses

Kolaborasi dengan Dwiki Dharmawan, Sandhy Sondoro Rilis Lagu Gemilang Versi Baru

Sandhy Sandoro menggandeng komposer ternama Dwiki Dharmawan, untuk merilis lagu "Gemilang".

Liputan6.com, Jakarta - Shandy Sandoro meluncurkan karya baru. Usai merilis "Tiba-tiba Cinta" di tahun 2023, dia kembali merilis single terkini di tahun 2024 ini.

Kali ini, Sandhy menggandeng komposer ternama Dwiki Dharmawan, untuk merilis lagu "Gemilang". Lagu ini memang merupakan karya Dwiki Dharmawan yang liriknya ditulis Mira Lesmana.

“Gemilang” dirilis pertama kali di tahun 1987 dan dibawakan band Krakatau dimana Dwiki Dharmawan menjadi salah satu personilnya. “Gemilang” juga sempat dirilis penyanyi Andien dan grup band RAN.

Namun, yang menarik, kali ini, Sandhy Sandoro membuatnya lebih bernuansa sederhana, namun berkelas. Alhasil, versi yang dibawakan Shandy ini berbeda dengan rilsan "Gemilang" sebelumnya.

 

Suara khas Sandy Sondoro terdengar padu dengan permainan keyboard dari Dwiki Dharmawan menjadikan lagu “Gemilang” versi baru ini seperti karya yang fresh.

“Lagu ini direkam secara live. Awalnya lagi jam session saja di studio dengan Dwiki Darmawan tetapi kemudian terpikir kenapa tidak direkam dan dirilis saja sekalian. Jadi waktu itu lagi main ke showroom sebuah toko musik, terus yang punya berpikir, kenapa gak bikin aja sekalian rekaman dan videonya," ujar Shandy, dalam acara perilisan yang digelar di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

Penyanyi yang pernah melang-melintang di Eropa itu menambahkan, "Jadi yang dilihat di video itu adalah langsung 'one take' lagu sekalian videonya. Terus ada di-mixing sedikit dan mastering sendiri oleh Mas Dwiki."

Kolaborasi ini rencananya akan berlanjut dengan nama DDSS (Dwiki Dharmawan - Sandhy Sondoro).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun Ke-40 Dwiki Dharwaman di Industri Musik

Menurut Dwiki, lagu "Gemilang" pertama kali dia ciptakan pada tahun 1985. Ketika itu, dia masih remaja, 17 tahun.

“Lagu ini menceritakan tentang kegemilangan dan memberi semangat dalam memecahkan masalah jiwa remaja untuk mencapai dunia mereka. Saya rasa lagu ini masih relevan untuk dinyanyikan setiap generasi," ujarnya.

Suami penyanyi senior Ita Purnamasari ini menambahkan, "Tahun ini menjadi tahun ke-40 saya di industri musik, jadi sekaligus untuk merayakan itu, saya akan meriis beberapa single yang berhubungan dengan perjalanan musik saya."

Dwiki Dharmawan juga mengungkapkan alasan mengajak Sandhy Sondoro berkolaborasi. "Saya suka sama suaranya Sandhy. Saya juga suka lagu-lagu karyanya Sandy," ujarnya.

Dwiki menambahkan, "Kebetulan waktu itu ketemu, Sandhy juga bilang dia paling suka lagu karya saya yang berjudul "Gemilang". Dan Sandhy menyanyikan lagu ini chordnya sama persis dengan versi aslinya. Tidak ada yang diubah."

Sandhy Sandoro lalu mengungkapkan apa yang membedakan versi baru lagu "Gemilang" ini.

"Yang pasti di lagu ini yang punya lagu langsung ikutan. Mungkin anak zaman sekarang gak tahu siapa yang bikin lagu ;Gemilang'. Nah sekarang ada orangnya langsung yang ikutan," ujarnya.

Lagu “Gemilang” kolaborasi Sandhy Sondoro dan Dwiki Dharwaman sudah bisa didengar di berbagai platform musik digital seperti Spotify, Deezer, YouTube Music dan Langit Musik mulai 31 Mei 2024 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini