Sukses

Yayasan Meghan Markle - Pangeran Harry Ditegur karena Nunggak, Dilarang Galang Dana Amal

Pihak yayasan Meghan Markle - Pangeran Harry langsung bertindak menuntaskan masalah ini.

Liputan6.com, Jakarta Yayasan yang didirikan Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archewell Foundation, jadi sorotan. Pasalnya, Badan Registrasi Gerakan Amal dan Penggalangan Dana California menyatakan yayasan ini sebagai delinquent, karena masih menunggak kewajibannya.

Dilansir dari People, Selasa (14/5/2024), atas nama Badan Registrasi Gerakan Amal dan Penggalangan Dana California, Jaksa Agung California Rob Bonta menerbitkan surat pemberitahuan atas tunggakan tersebut kepada Archewell Foundation.

Dalam dokumen yang diperoleh People, tertera bahwa yayasan ini masih belum menyerahkan laporan tahunan maupun biaya perpanjangan. Konsekuensinya ternyata serius.

“Sebuah organisasi yang berada dalam daftar dengan keterangan tidak patuh, tidak memiliki reputasi baik dan dilarang melakukan hal-hal yang memerlukan tindakan pendaftaran, termasuk meminta atau mengucurkan dana amal,” begitu isi dokumen tersebut.

Organisasi Pangeran Harry yang lalai dengan kewajibannya ini akan dikenakan penalti, bahkan izinnya bisa ditangguhkan atau dicabut.

“Setelah Anda menyerahkan catatan yang ditunggak, Anda akan mendapat pemberitahuan mengenai jumlah biaya keterlambatan yang harus dibayar,” begitu isi dokumen tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek yang Tak Kunjung Sampai

Sumber People dari Archewell Foundation menyatakan pihak yayasan sebenarnya menyetor kewajiban dengan tepat waktu. Namun entah apa sebabnya, cek yang dikirimkan tidak kunjung sampai.

Hal ini baru ketahuan, setelah surat pemberitahuan tunggakan terbit. Cek baru kemudian dikirim melalui pos, dan pihak Archewell Foundation berharap masalah ini dapat segera selesai dalam tujuh hari ke depan. 

3 dari 4 halaman

Archwell Foundation

Archewell Foundation sendiri adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle, setelah mundur dari tugas kerajaan pada 2020.

“Misi kami sederhana: hadir, berbuat baik. Kami memanfaatkan momen ini dengan hadir, mengambil tindakan, dan menggunakan popularitas kami yang berbeda dari yang lain, untuk mengangkat dan menyatukan komunitas, baik lokal dan global, melalui tindakan pelayanan dan kasih sayang,” begitu isi situs webnya.

4 dari 4 halaman

Dari Nama Anak

Pangeran Harry dan Meghan juga pernah menjelaskan bahwa nama Archewell terinspirasi kata "arche" dalam bahasa Yunani yang berarti "sumber dari tindakan."

Tak hanya itu, kata Archewell juga merupakan penggalan nama putra mereka yang berusia 5 tahun, Pangeran Archie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.