Sukses

Cerita Perjuangan Babe Cabita Hadapi Anemia Aplastik yang Diidapnya, Sempat Dikira Sakit Leukemia

Babe Cabita berjuang melawan penyakit anemia aplastik sebelum meninggal dunia pada 9 April 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Babe Cabita, jelang Lebaran 2024. Komika dengan gaya rambut khas ini meninggal dunia pada hari ini, Selasa (9/4/2024) pagi.

Kabar Babe Cabita meninggal dunia disampaikan oleh Oki Rengga, komika dan salah satu bintang film Agak Laen, via akun Instagram-nya. “Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raaji’un Telah meninggal Anak, Adik, Suami, Ayah Kami Priya Prayogha Pratama Bin Irsyad Tanjung (Babe Cabita) Hari ini 9 April 2024 Pukul 06.38 wib di RS. Mayapada Lebak Bulus Jakarta Selatan,” tulis Oki Rengga dalam caption unggahannya.

Ia menambahkan, “Mohon dimaafkan segala khilaf dan Salah. Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fu’anhu.”

Dalam kabar dukacita ini, tak disampaikan apa penyebab meninggalnya bintang film Comic 8 tersebut. Namun yang pasti, sebelum meninggal dunia pria bernama asli Priya Prayogha Pratama ini berjuang melawan penyakit anemia aplastik.

Pria berusia 34 tahun ini terbilang terbuka dalam mengungkap sakit yang ia hadapi. Ia beberapa kali menceritakan perjuangannya ini, baik kepada wartawan, maupun media sosial.

Kepada Liputan6.com pada September tahun lalu, Babe Cabita mengungkap awal dirinya didiagnosis dengan penyakit ini, adalah saat ia menderita DBD.

“Idealnya kan itu cuma beberapa saat doang demamnya. Nah, ini demam kagak turun-turun," ujar Babe Cabita kala itu. Ia menambahkan, “Udah gitu, dokter udah curiga. Kalau DBD yang turun kan hanya trombosit, kalau aku semuanya turun. Leukosit darah putihnya sampai nol drop, HB-nya 6, terus trombosit 12 ribu.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sempat Diduga Sakit Leukemia

Dalam kesempatan lain, Babe Cabita mengungkap bahwa sebelum diagnosis anemia aplastik, ia sempat diduga menderita leukemia atau kanker darah.

“Dokter itu sempat mencurigai kalau aku itu leukemia karena ciri-cirinya mengarah ke leukemia, hasilnya ternyata bukan leukemia, hasilnya anemia aplastic,” tutur Babe dalam podcast Deddy Corbuzier, seperti diwartakan kanal Hot Liputan6.com.

Babe menjelaskan dalam kondisi ini, imun tubuhnya justru menyerang tulang sumsum belakang yang bertugas memproduksi sel darah merah.

"Nah karena tulang sumsum diserang sama dia, jadi tulang sumsum aku tidak bisa memproduksi darah. Akhirnya kalau mau sembuh total, alternatifnya harus ke Singapura atau Malaysia untuk menjalani transplantasi tulang belakang," terangnya.

3 dari 4 halaman

Langsung Hitung Peninggalan untuk Anak Istri

Babe Cabita sempat mengungkap bahwa ia langsung melakukan hitung-hitungan soal peninggalannya untuk sang istri dan anak-anaknya jika kemungkinan terburuk terjadi.

“Ya itu salah satunya aku mikir juga, mudah-mudahan nih bisnisnya lancar. Jadi kalau misalnya pun ada apa-apa, ada peninggalan lah,” kata Babe dalam podcas Abdel Achrian.

Ia bahkan sempat berniat menjual beragam asetnya, terutama yang berkaitan dengan hobi yang ia tekuni saat ini.

4 dari 4 halaman

Berharap Sakitnya Jadi Penggugur Dosa

Meski sedang dalam keadaan sakit, Babe Cabita tetap memiliki jiwa seorang komedian. Ia kerap membuat unggahan pemancing tawa, termasuk saat ia berada di rumah sakit.

Satu asa diam-diam menyelinap dalam batinnya.

Alhamdulillah semoga ini menjadi penggugur dosa dan pengingat klo nikmat sehat itu harus digunakan sebaik baiknya,” tulis Babe Cabita dalam unggahan Juni 2023 lalu.

Selamat jalan Babe Cabita…

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini