Sukses

Rieke Diah Pitaloka Kecam Kasus Korupsi Timah Harvey Moeis: Kerugian Fantastis Sekali, Bisa Lebih

Anggota DPR Komisi VI Rieke Diah Pitaloka mengecam kasus megakorupsi timah senilai Rp 271 triliun dengan tersangka Harvey Moeis suami Sandra Dewi.

Liputan6.com, Jakarta Kasus korupsi timah senilai Rp271 triliun dengan tersangka Harvey Moeis suami Sandra Dewi akhirnya sampai ke telinga anggota Komisi VI DPR RI, Rieke Diah Pitaloka. Ia mengecam kasus yang melanda BUMN PT Timah.

Rieke Diah Pitaloka menjelaskan, PT Timah sebagai BUMN bermitra dengan Komisi VI. Selama ini, suasana rapat dan presentasi terkesan baik-baik saja. Siapa sangka, di tubuh PT Timah ada skandal kasus korupsi.

“Kemudian muncul kasus seperti ini tapi intinya dengan kasus ini bisa jadi langkah awal untuk membenahi kembali PT Timah, yang melakukan evaluasi besar-besaran juga harus ada audit untuk tujuan tertentu dari BPK,” kata bintang sinetron Bajaj Bajuri.

Rieke Diah Pitaloka menyebut kerugian negara yang mencapai Rp271 triliun masih bisa membengkak. Karenanya, penetapan 16 tersangka kasus korupsi timah tidaklah cukup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerugiannya Fantastis Sekali

Melansir dari video wawancara di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (2/4/2024), penetapan status tersangka terhadap Helena Lim, Harvey Moeis, dan antek-anteknya tak akan menyelesaikan persoalan. Harus ada efek jera.

“Sehingga benar-benar diungkap sedalam-dalamnya apa yang terjadi dalam PT Timah karena kerugiannya fantastis sekali dan kemungkinan malah bisa lebih. Apalagi, jika kita perhitngkan juga tentang kerugian ekologinya,” ungkap Rieke Diah Pitaloka.

3 dari 4 halaman

Tak Cukup Selesaikan Persoalan

“Nah, sudah ada 16 orang yang ditetapkan sebagai tersangka (kasus korupsi timah). Namun itu saya kira tidak cukup menyelesaikan persoalan,” bintang film Berbagi Suami menambahkan.

Rieke Diah Pitaloka lantas mengajak masyarakat Indonesia berkaca pada kasus sebelumnya yakni dugaan jual beli emas fiktif yang menimpa PT Aneka Tambang. Kasus ini mulanya heboh.

4 dari 4 halaman

Bandingkan dengan Aneka Tambang

“Jangan sampai kasus seperti ini, seperti yang terjadi kemarin di Aneka Tambang, tentang bagaimana persoalan ada jual beli emas fiktif, menimbulkan kerugian negara juga terus adem lagi,” Rieke Diah Pitaloka mengakhiri.

Diberitakan sebelumnya, Kejagung menahan Harvey Moeis setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi timah. Ia ditahan dan diisolasi selama 7 hari. Sandra Dewi belum bisa menjenguk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini