Sukses

Bukan Cuma Gangguan Kesehatan Fisik dan Mental, Ibu Hamil Juga Perlu Hati-hati dari Gangguan Gaib Seperti Alyssa Abidin yang Diganggu Kuyang

Film Kuyang dijadwalkan tayang di bioskop mulai tanggal 7 Maret 2024.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi ibu hamil memang penuh kebahagiaan, tapi tanggung jawabnya juga besar lho! Nah, buat bumil (ibu hamil) di sini, yuk jaga kesehatan fisik dan mental agar kehamilanmu lancar dan bebas stres. Karena wanita hamil juga berpotensi mengalami gangguan kesehatan fisik dan gangguan kesehatan mental. 

Salah satu masalah kesehatan yang biasanya dialami ibu hamil adalah anemia. Anemia bisa terjadi karena kebutuhan darah meningkat untuk pertumbuhan janin, dan ada wanita hamil yang tidak mampu memproduksi lebih banyak hemoglobin yang menyebabkan anemia. Ada juga penyakit diabetes gestasional, yang hingga kini belum diketahui penyebab pastinya, namun faktor perubahan hormon dianggap sebagai pemicunya. Ada juga candidiasis alias infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida, yang menyerang kulit.

Wanita hamil juga berpotensi mengalami gangguan kesehatan mental, lho. Wanita yang alami gangguan mental saat hamil bisa dipicu karena faktor ekonomi yang rendah, stres, paparan kekerasan, situasi darurat dan konflik, bencana alam, dan dukungan sosial yang rendah.

Depresi, gangguan makan dan gangguan kecemasan adalah gangguan mental yang rentan dialami ibu hamil. Ibu hamil bisa alami depresi dipengaruhi oleh pola makan tidak sehat, kurang merawat diri, dan penyakit mental yang sebelumnya sudah pernah diderita. Ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan gangguan mental pada ibu hamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ibu Hamil

Namun, tahukah jika di luar kedua hal tersebut ibu hamil juga butuh berhati-hati dari hal gaib? Pasalnya, di daerah pedalaman Kalimantan, masyarakatnya percaya bahwa ibu hamil harus lebih hati-hati karena jadi incaran Kuyang, di mana Alyssa Abidin mengalami hal tersebut, meski hal ini hanya terjadi padanya saat berperan sebagai Sriatun di film Kuyang: Sekutu Iblis Yang Selalu Mengintai. 

Kuyang sendiri adalah makhluk gaib yang dipercaya sebagai seseorang yang memiliki kekuatan ilmu hitam di masa hidupnya. Menurut kepercayaan orang Kalimantan, Kuyang berwujud kepala manusia terbang dengan organ-organ dalamnya. Kuyang biasanya, mengincar ibu hamil karena dipercaya dapat meningkatkan kekuatan atau ilmu hitam yang dimilikinya. Lewat film dari Aenigma Pictures ini, penonton yang masih bertanya-tanya tentang Kuyang, bisa mendapat jawaban yang lebih jelas tentang Kuyang dan kepercayaan mistis di Kalimantan.

 

3 dari 3 halaman

Adaptasi

Film yang diadaptasi dari novel laris karya Achmad Benbela ini, diarahkan oleh Yongki Ongestu, seorang sutradara yang telah menjelajahi mitos kepercayaan dan budaya Kalimantan. Dikisahkan dalam film ini, Dimas Aditya dan Alyssa Abidin memerankan tokoh utama yang terlibat dalam kisah mencekam. Bimo (Dimas Aditya), seorang calon Pegawai Negeri Sipil (PNS), dipindahkan ke sebuah desa pedalaman bersama istrinya, Sriatun (Alyssa Abidin). Sriatun menolak tinggal bersama orang tua Bimo di Jawa dan memilih ikut suaminya ke desa tersebut. 

Film ini dijadwalkan akan tayang di bioskop mulai tanggal 7 Maret 2024. Dengan hadirnya film ini, Aenigma Pictures ingin berbagi dan menggambarkan mitos kepercayaan dan budaya Kalimantan dengan penuh kehati-hatian. Untuk informasi lebih lanjut seputar film ini, para penonton dapat mengikuti akun media sosial resmi @kuyangfilm & @aenigmapicture.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini