Sukses

Ivan Gunawan Segera Tinggalkan Indonesia untuk Kuliah dan Berbisnis, Akui di Eropa Lebih Membuatnya Nyaman

Ivan Gunawan mengungkap dua rencana besarnya selama tinggal di negara lain.

Liputan6.com, Jakarta Ivan Gunawan mengumumkan bahwa dia akan segera meninggalkan Indonesia. Rupanya, rencana untuk tinggal di luar negeri sudah tercetus sejak lama dan direncanakan dengan matang.

"Bukan healing, karena ini memang sudah rencana lama, keberangkatannya insyaAllah tanggal 3 atau tanggal 4. Ada deh (negaranya), pokoknya kan social media tetap aktif, postingan juga terus jalan, aku juga bisa kerja lewat mana aja," kata mantan presenter Brownis itu dikutip dari Intens Investigasi, Kamis (25/1/2024).

Desainer terkenal ini mengungkap dua rencana besarnya selama tinggal di negara lain. Yang pertama, kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan, yang kedua untuk mengembangkan usaha.

"Di sana yang jelas ada dua rencana aku, yang pertama apakah mau kuliah, yang kedua apakah aku mau cari peluang untuk bisa membuka bisnis fashion aku di sana," paparnya.

Saat dikulik, Ivan Gunawan akhirnya mengungkap bahwa negara yang dia tuju terletak di benua Eropa. Dia merasa cocok tinggal di sana.

"Kalau sudah di Eropa sih mau ke mana aja kan gampang, apakah baik kereta atau pesawat. Aku lebih nyaman tinggal di Eropa sih, kalau bosan juga nanti bisa pindah lagi ke Cawang, Cilandak. Tapi yang jelas mau tinggal dari mana akses pekerjaan bisa dengan HP (handphone)," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis di Indonesia Tetap Berjalan

Sementara, bisnis fashionnya di Indonesia akan tetap berjalan dengan semestinya meski Ivan Gunawan memantau dari kejauhan. Dia tidak khawatir meninggalkan usahanya di Indonesia karena sudah ada pihak yang bertanggung jawab.

"Kalau karya tetap ada di sini, bisnis tetap ada di sini, ya mungkin ini tetap dalam rangkaian ekspansi, semua orang kan pengin meluaskan lagi pasarnya. Kalau di sini kan store sudah 17, pelanggan banyak, masa mau ditinggal?" jelasnya.

"Lagi pula kalau bisnis retail ini kan semuanya sudah berjalan dengan sendirinya, masing-masing store ada stafnya, mereka bisa jalan sendiri," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Hengkang dari Brownis

Diberitakan sebelumnya, Ivan Gunawan memutuskan untuk hengkang dari acara Brownis setelah ditegur Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Dan baru-baru ini, dia menyampaikan pengumuman akan meninggalkan Indonesia.

Namun begitu, bukan berarti Ivan Gunawan bakal tinggalkan Indonesia untuk selamanya. Ia menyebut langkahnya itu hanya bersifat sementara waktu. Kala itu, tak dijelaskan alasan Ivan Gunawan pergi ke luar negeri. Tak disebutkan ke mana tujuan sosok yang akrab disapa Igun ini.

4 dari 4 halaman

Meninggalkan Indonesia

"Enggak sabar aku, minggu depan enggak di Indonesia lagi. Aku akan tinggalkan Indonesia, jadi buat kalian jangan kangen sama aku ya," ucap Ivan Gunawan dalam sebuah video, mengutip akun TikTok @igun31 miliknya, baru-baru ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini