Sukses

Kaleidoskop 2023: 12 Kasus Hukum Artis, Ammar Zoni Kembali Terjerat Narkoba hingga Leon Dozan Lakukan Penganiayaan Berakhir Damai

Beberapa kasus hukum artis yang terjadi sepanjang tahun ini. Semuanya terangkum dalam Kaleidoskop 2023.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2023 tinggal menghitung hari sampai akhirnya masuk 2024. Di tahun 2023 ini masih saja ada artis-artis yang terjerat kasus hukum. Kasusnya, dari mulai narkoba, penipuan sampai penganiayaan. 

Kasus yang dialami para artis ini pun tentu saja dipertanggungjawabkan ke pihak yang berwajib. Kasusnya sendiri beberapa di antaranya sudah dibawa ke meja hijau.

Lalu siapa sajakah mereka? Kami mulai menyebutkan satu persatu dari bulan Januari hingga Desember dalam Kaleidoskop 2023 artis-artis yang terjerat kasus hukum.

Silahkan simak kaleidoskop Showbiz kali ini yang juga merangkum kisah Ammar Zoni dan Leon Dozan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Revaldo

Pada Januari 2023, nama Revaldo kembali mencuat setelah secara resmi diumumkan sebagai tersangka dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Ini bukanlah kali pertama Revaldo terlibat dalam kasus semacam ini, melainkan yang ketiga kalinya. Menariknya, meskipun sudah dua kali mendekam di penjara akibat kasus serupa, hal tersebut tidak mencegahnya untuk terjerat dalam masalah serius ini kembali.

Revaldo, yang sebelumnya telah menjalani hukuman penjara akibat kasus narkoba, kembali menjadi sorotan media dan masyarakat. Keputusannya untuk kembali terlibat dalam penyalahgunaan narkoba menimbulkan pertanyaan besar mengenai efektivitas sistem hukum rehabilitasi dan upaya pencegahan kecanduan.

 

3 dari 13 halaman

2. Ferry Irawan

Kasus hukum menimpa pesinetron Ferry Irawan.  Tak lama setelah menikah dengan Venna Melinda, Ferry Irawan dilaporkan atas kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga karena melakukan penganiayaan.

Ferry Irawan ditetapkan jadi tersangka pada 16 Januari 2023 dan mendapat vonis 1 tahun penjara. Namun, Ferry bisa keluar dari bui lebih cepat pada Agustus 2023 usai mengajukan bebas bersyarat serta mendapat remisi HUT RI.

 

4 dari 13 halaman

3. Ammar Zoni

Pesinetron Ammar Zoni kembali terjerat narkoba untuk kedua kalinya. Polisi menangkap Ammar Zoni karena kepemilikan narkoba. Pada 8 Maret polisi menetapkan Ammar Zoni sebagai tersangka. 

Ammar akhirnya bebas pada Oktober kemarin setelah mendekam di penjara sekitar 7 bulan. Namun nahasnya, Ammar kembali terjerat narkoba pada bulan Desember 2023.

 

5 dari 13 halaman

4. Lina Mukherjee

Pada bulan Maret 2023 Lina Mukherjee membuat sebuah konten makan kerupuk babi dengan mengawalinya membaca basmalah. Hal ini pun memicu reaksi dan sehingga Lina dilaporkan kasus penistaan agama. 

Perempuan yang dikenal sebagai fans berat artis dan film Bollywood ini menerima vonis 2 tahun penjara. Alasannya karena dirinya makan kriuk babi tapi sambil mengucap basmallah. Lina sudah menjalani hukumannya sejak September kemarin.

 

6 dari 13 halaman

5. Hud Filbert

Artis yang terjerat narkoba kembali bertambah. Kali ini menimpa Hud Filbert yang ditangkap pihak berwajib pada 14 April lalu. Hud Filbert  ditangkap saat melakukan pesta sabu bersama sejumlah temannya. Ancaman penjara 4 tahun pun membayangi Hud Filbert.

 

7 dari 13 halaman

6. Medina Zein

Selebritis Medina Zein dilaporkan ke polisi karena kasus penipuan. Dirinya pun dijerat ke meja hijau dan  menjadi terdakwa pada April 2023  Selebgram ini mendapat 2 tahun kurungan penjara akibat penipuan karena menjual tas Hermes palsu.

 

8 dari 13 halaman

7. Zulfani Pasha

Pemain film film Laskar Pelangi Zulfani Pasha menjadi tersangka kasus penipuan pada bulan Mei 2023.  Zulfani yang belakangan aktif sebagai sutradara divonis 8 bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Tanjung Pandan.

9 dari 13 halaman

8. Pierre Gruno

Aktor senior Pierre Gruno ditangkap oleh polisi karena kasus penganiayaan yang ia lakukan pada bulan Juli 2023. Meski sudah sempat mendekam di jeruji besi selama beberapa hari, tapi Pierre akhirnya dibebaskan. Pasalnya, korban menerima permintaan maaf dan permohonan damai dari Pierre.

 

10 dari 13 halaman

9. Bobby Joseph

Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) menangkap artis Bobby Joseph terkait kepemilikan tembakau sintetis pada 21 Juli 2023. Bobby pun ditetapkan jadi tersangka. 

Bobby Joseph jadi tersangka atas kepemilikan tembakau sintetis dan penyalahgunaan narkotika golongan I tersebut. Dia dijerat Pasal 112 subsider 127 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Bobby pun dijatuhi vonis satu bulan penjara serta rehabilitasi selama 1 tahun.

 

11 dari 13 halaman

10. Karenina Anderson

Model Karenina Anderson ditangkap oleh Polres Metro Jakarta Selatan atas penyalahgunaan narkoba pada 1 Agustus 2023. Proses penangkapan Karenina tersebut dilakukan di rumahnya di Jalan Daksa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Dari penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa ganja seberat 4,1 gram. Polisi juga menemukan satu linting ganja seberat 0,3 gram yang disimpan di laci kamar Karenina.

 

12 dari 13 halaman

11. Oge Arthemus

Pesulap Oge Arthemus ditangkap polisi pada 25 Agustus 2023 karena menanam tanaman ganja yang kemudian dimanfaatkan untuk konsumsi pribadi. 

Pengungkapan kasus ini berawal saat Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat menangkap rekan Oge berinisial AH di daerah Serpong.

Dalam penangkapan itu, polisi turut menyita tiga klip biji ganja dengan berat 17,62 gram, satu klip ganja berat 0,83 gram, 13 puntung ganja bekas pakai, satu alat linting ganja, 10 kemasan kertas rokok, hingga satu kemasan pupuk hidroponik.

 

13 dari 13 halaman

12. Leon Dozan

Kasus yang menjerat Leon Dozan masih cukup hangat. Anak Willy Dozan dan Betharia Sonata dilaporkan atas penganiayaan pada Rinoa Najwa Aurora Nindha Senduk, kekasihnya. Leon Dozan masuk penjara sejak 17 November 2023 lalu dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Akan tetapi pada awal Desember kemarin, Rinoa akhirnya memutuskan mencabut laporan dan berdamai dengan Leon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.