Sukses

Kaleidoskop 2023: 6 Artis K-Pop Anyar yang Paling Bersinar Tahun Ini, Termasuk NewJeans yang Lagunya Kerap Viral

Selain artis-artis senior yang sudah punya nama, hal lain yang menarik untuk diamati sepanjang tahun 2023 ini adalah melesatnya sejumlah grup baru.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2023 menjadi masa-masa yang penuh warna di jagat K-Pop. Banyak berita yang membuat heboh sepanjang tahun ini. Mulai dari pencapaian besar Blackpink dalam tur dunia dan Coachella, kepastian wamil para member BTS, hingga gugatan Fifty-Fifty kepada agensinya.

Selain artis-artis senior yang sudah punya nama, hal lain yang menarik untuk diamati sepanjang tahun ini adalah melesatnya sejumlah grup baru. Popularitas mereka meroket setelah debut tiga tahun—atau bahkan kurang dari itu.

Hal lain yang menarik perhatian, adalah sebagai besar grup baru yang bersinar pada tahun ini adalah girl group. Siapa saja mereka? Simak kaleidoskop K-Pop 2023 berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. aespa

November 2023 menandai tahun ketiga Karina, Winter, Giselle, dan Ningning berkiprah di jagat K-Pop. Secara konsep mereka mulai meluaskan sayap dari Kwangya dengan rilisan mereka tahun ini: “Spicy,” “Better Things”, hingga ”Drama.”

 Lagu-lagu mereka kerap masuk tangga lagu Korea, hingga Billboard 200.

3 dari 7 halaman

2. IVE

Baru berumur dua tahun, tapi para member IVE yang cantik ini sudah menancapkan taringnya di industry K-Pop. Diwartakan Soompi, IVE menjadi grup pertama dalam sejarah yang mencetak Perfect All-Kills di iChart dengan tiga lagu pada tahun yang sama: “Baddie,” “Kitsch” and “I AM.”

Belum lagi sejumlah penghargaan yang mereka terima, termasuk Daesang di Melon Music Awards.

4 dari 7 halaman

3. Le Sserafim

Tahun 2023 menjadi masa kebangkitan Le Sserafim setelah 2022 lalu dihantam berbagai rumor buruk terkait Garam—yang akhirnya mundur dari grup ini. Le Sserafim merilis materi demi materi yang kemudian menjadi hits: mulai dari “Antifragile” hingga “Perfect Night.” Mereka juga kerap trending karena tarian dan penampilan yang sangat tersinkronisasi.

Le Sserafim yang debut tahun lalu, diganjar dengan title Rookie of the Year dalam Seoul Music Awards 2023.

 

5 dari 7 halaman

4. NewJeans

NewJeans yang tiba-tiba debut pada tahun lalu, melesat bak meteor sepanjang 2023. Sejumlah lagu yang dirilis Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein yang catchy dan easy listening, viral di media sosial.

Demam "Hype Boy," “Ditto,” “OMG,” hingga “Super Shy bergantian menjalar warganet. Hebatnya, tahun ini NewJeans memborong banyak Daesang di sejumlah penghargaan, mulai dari Asia Artist Awards, Melon Music Award hingga MAMA. Mereka juga terlibat dengan kerja sama dengan berbagai merek dunia.

6 dari 7 halaman

5. Zerobaseone

Kumpulan para pemenang Boys Planet ini langsung meroket begitu debut pada Juli 2023 lalu. Meski kurang dari setengah tahun debut, Hanbin dkk sudah meraih sejumlah pencapaian jempolan.

Salah satunya, adalah grup K-Pop pertama yang album debutnya laku 2 juta keping. Lebih hebatnya lagi, pencapaian 2 juta kopi kembali diraih di album comebacknya, dalam minggu pertama setelah rilis.

7 dari 7 halaman

6. Riize

Grup bungsu SM Entertainment ini baru debut pada September 2023. Diwartakan dari Soompi, Riize menjadi grup pertama yang bukan jebolan survival show, yang album debutnya tembus sejuta kopi.

Riize juga menjadi ambassador brand fashion ternama dunia, dan bersama Zerobaseone meraih title Rookie of the Year di Melon Music Awards

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini