Sukses

Ucap Syahadat, Denny Sumargo Ungkap Dirinya Belum Merasa Mualaf karena Hal Ini

Setelah mengucap kalimat syahadat saat berbincang dengan Deryansha Azhary, Denny Sumargo hingga kini belum mengklaim diri sebagai seorang muslim atau mualaf.

Liputan6.com, Jakarta Denny Sumargo sempat menghebohkan publik setelah ia mengucap kalimat syahadat saat berbincang dengan salah satu tamunya, Deryansha Azhary alias Dery mantan bassist Vierratale. Namun begitu, Denny Sumargo hingga kini belum mengklaim diri sebagai seorang muslim atau mualaf.

Rupanya, Denny Sumargo menyadari bahwa butuh lebih dari sekadar mengucap kalimat syahadat agar dirinya menjadi seorang muslim. Pernyataan Denny Sumargo ini turut dibenarkan oleh Deryansha Azhary yang kala itu menuntun Denny Sumargo mengucap syahadat.

"Ya kan sekarang ketika orang mengucap kalimat syahadat ya kan, dia berbicara gitu, terus dituntun gitu kan. Terus itu kan ada ritualnya. Enggak mungkin kemudian dia menjadi sah begitu aja kan. Ada mesti diucapkannya bersama dengan siapa, terus apa, dan ada saksi segala macam begitu kan?" jelas Denny Sumargo dalam podcast di kanal YouTube Kasisolusi yang tayang Kamis (21/12/2023).

"Iya, memang balik lagi dari keniatannya, saksi, dan seterusnya," sahut Deryansha Azhary membenarkan pernyataan aktor yang akrab disapa Densu itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Denny Sumargo Merasa Tak Langsung Mualaf

Satu hal lagi yang membuat Denny Sumargo tetap pada keyakinannya saat ini meskipun ia sudah mengucap syahadat, lantaran dirinya menyebut bahwa hati harus turut disertakan agar seseorang menjadi mualaf.

“Kalau misalnya gue buka Google, terus gue lihat kalimat syahadat, gue baca gitu. Terus kemudian gue jadi Islam, emang iya? Pasti kan harus dalam hatinya, kalau cuma ngucap kan belum tentu kemudian itu (jadi mualaf),” ucap Denny Sumargo.

 

3 dari 4 halaman

Pandangan Positif Denny Sumargo terhadap Kalimat Syahadat

Denny Sumargo juga turut menyatakan bahwa dirinya tak masalah mengucap dua kalimat syahadat. Ia tak merasa kalimat syahadat tak bertentangan dengan keyakinan yang dipeluknya saat ini.

“Karena buat gue sebenarnya nggak ada masalah. Apa sih masalahnya ketika lu mengucapkan kalimat syadahat? Buat orang lain, kalau mungkin agama lain ketika itu menjadi problem. Tapi kalau buat gue sebagai individu ya enggak ada masalah,” kata Densu.

“Emang masalahnya apa? Kalimat syahadat emang ada jahatnya di mana? Kemudian kalau kemudian lu mengucapkan itu emang kenapa? Menjadi Islam? Terus kenapa?” lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Awal Mula Denny Sumargo Ucap Syahadat

Sebelumnya, saat menjadi tamu di podcast Denny Sumargo, Dery sempat menyampaikan topik Rukun Islam. Poin pertama Rukun Islam adalah "Syahadat" atau mengucap dua kalimat syahadat. Tiba-tiba saja, ia menyampaikan kata demi kata dalam kalimat syahadat.

Tak disangka, Denny Sumargo yang bukan seorang muslim pun ikut mengucapkan kalimat syahadat yang disampaikan oleh Deryansha Azhary. Tak hanya kalimat aslinya, Denny Sumargo juga mengulang arti dari syahadat yang diucapkan Dery.

Dery sempat girang dalam video tersebut, disusul dengan topik yang lebih kontemplatif. Sayangnya, banyak warganet yang menegur Dery atas momen itu lantaran menudingnya mencandai kalimat syahadat. Akhirnya, Dery pun menegaskan bahwa tak ada unsur candaan sewaktu ia membimbing Densu mengucap syahadat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini