Sukses

Bisnis Berlian Chelsea Islan Beri Kontribusi ke Lingkungan, Perempuan, dan Anak: Untuk Bumi yang Lebih Baik

Chelsea Islan membagikan sudut pandangnya perihal dampak lingkungan dan sosial yang menjadi latar belakang dibentuknya lab grown diamond di dalam Sol et Terre yang dia produksi.

Liputan6.com, Jakarta - Sol et Terre, bisnis berlian yang digagas Chelsea Islan bersama Veronica Pranata bukan hanya sebagai alternatif berlian tambang. Melainkan, solusi dari dampak alam dan sosial yang timbul dari produksi berlian tersebut.

Chelsea Islan membagikan sudut pandangnya perihal dampak lingkungan dan sosial yang menjadi latar belakang dibentuknya lab grown diamond di dalam Sol et Terre yang dia produksi.

Menurut pengakuan aktris kelahiran 1995 tersebut, proses produksi berlian tambang memiliki banyak dampak negatif yang seharusnya tidak terjadi hanya untuk memproduksi perhiasan sebagai barang tersier individu.

"Jadi sebenarnya untuk berlian tambang sendiri itu bukan hanya merusak ekosistem dan menghancurkan lingkungan, tapi bisa dibayangkan air pollutan, water usage-nya, lalu juga yang lebih parah adalah child labour," ujar Chelsea dalam acara bertajuk "Pesona Berlian Ramah Lingkungan" yang program Money Buzz, via live streaming di Liputan6com.

Dia pun menyambung, "Aku melihat bahwa industri pertambangan harusnya tidak seperti ini, tidak memperlakukan manusia sedemikian rupa."

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sol et Terre Berpatner dengan NGO

Melalui perbincangan tersebut, diungkap bahwa selain menciptakan berlian ramah lingkungan, Sol et Terre juga berkontribusi nyata terhadap dampak dari berlian tambang.

"Salah satu inisatif kami, dari Sol et Terre, kami berpartner dengan beberapa NGO, ada tiga NGO, yaitu satu PLAN Indonesia, Wahana Visi Indonesia, lalu JAAN, Jakarta Animal Aid Network," sebut bintang film ini.

3 dari 4 halaman

Donasi ke NGO

Organisasi-organisasi itulah yang disebut Chelsea sebagai perantara membantu banyak terhadap masyarakat yang di sisi lain terdampak oleh berlian utama, yakni berlian tambang.

"Jadi kita memang setiap pembelian jewlery kita, mau beli cincin, beli kalung, beli gelang, apa pun mereka bisa pilih mau diberikan kepada NGO yang mana. Jadi didonasikan kepada NGO yang terpilih oleh customer," ungkap Chelsea.

Veronica Pranata pun menyambung kalimat Chelsea dengan pernyataan serupa, "Sesimpel dari kalian membeli kalian langsung bisa mencentang NGO mana yang kalian rasa ini paling relate sama kita, apakah itu binatang, apakah itu gadis-gadis, hak gadis, apakah itu literasi anak."

 

 

4 dari 4 halaman

Bumi yang Lebih Baik

Terlibat dalam sebuah bisnis perhiasan yang menggambarkan kemewahan, Chelsea Islan pun menaruh perhatiannya terhadap isu-isu yang berlangsung di masyarakat. Dia bahkan menitipkan harapan lewat bisnis berliannya tersebut.

"Kami berdua percaya bahwa dengan kami berpatner dan kami juga berasosiasi dengan para NGO kita bisa berkontribusi untuk bumi yang lebih baik lagi," tutur Chelsea Islan pada pembicaraannya, Selasa (28/11/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini