Sukses

Seunghan RIIZE Hiatus Efek Tekanan Mental Usai Foto Pribadi Tersebar, SM Entertainment Gercep Lapor Polisi

Keputusan Seunghan RIIZE vakum diambil setelah dokumentasi kehidupan pribadinya bocor di media sosial hingga menyebabkan warganet dan fans geger.

Liputan6.com, Jakarta Seunghan RIIZE tiba-tiba mengumumkan hiatus alias vakum dari grup terhitung pada hari ini, Rabu (22/11/2023). Kabar ini disampaikan oleh SM Entertainment selaku pihak agensi.

Keputusan vakum ini diambil setelah dokumentasi kehidupan pribadinya bocor di media sosial hingga menyebabkan warganet dan fans geger. Kondisi psikologis Seunghan jadi terganggu akibat insiden ini.

"Seunghan merasa sangat menyesal dan merenungkan diri sendiri karena menyebabkan kekecewaan dan keributan tidak hanya kepada tim dan anggota, tetapi juga kepada penggemar karena masalah kehidupan pribadinya yang bocor dan beredar baru-baru ini melalui media sosial dan komunitas online," tutur pihak SM Entertainment.

"Seunghan merasakan tekanan mental dan bertanggung jawab mengenai hal ini. Jadi setelah merenung secara mendalam, dia menyampaikan niatnya untuk menghentikan aktivitas untuk tim," sambungnya.

Kendati demikian, pihak agensi tidak memberi tahu berapa lama Seunghan akan hiatus dari pekerjaannya di industri hiburan. Karena kondisi ini, maka RIIZE akan beraktivitas dengan enam orang anggota saja.

"Kami juga menilai bahwa terlalu sulit baginya untuk melanjutkan aktivitas dalam situasi ini, dan menghormati pendapatnya yang tidak ingin lagi menimbulkan kerugian pada tim dan anggota. Kami memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya tanpa batas waktu," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebocoran Video Pribadi Saat Seunghan Masih Jadi Trainee

SM Entertainment meminta penggemar untuk dapat memahami situasi ini. Sebab, keputusan ini diambil atas kesepakatan antara artis dan pihak agensi setelah berdiskusi panjang. Pihak agensi juga mengaku lalai dalam melindungi privasi artisnya.

"Kami sekali lagi meminta maaf sebesar-besarnya kepada penggemar. Namun, video dan foto yang bocor dan diedarkan diambil di waktu personal Seunghan saat masih menjalani pelatihan sebelum debut. Itu direproduksi beberapa kali untuk menimbulkan kesalahpahaman melalui pengeditan sekunder yang disengaja, seperti mengambil tangkapan layar dari video yang sumbernya terperinci," papar agensi.

3 dari 4 halaman

SM Entertainment Akan Tempuh Jalur Hukum

Setelah mengumpulkan bukti-bukti, SM Entertainment akan mengejar oknum yang bertanggung jawab atas kasus ini. Rencananya, mereka akan melaporkan kasus ini ke polisi pada Rabu sore.

"Selain itu, kami sedang mempertimbangkan tindakan hukum tambahan terhadap individu tersebut, tidak hanya karena mencemarkan nama baik artis melalui kebocoran dan peredaran yang tidak sah, tetapi juga untuk berbagai tindakan ilegal seperti kejahatan dunia maya dan ancaman," jelasnya.

Mereka akan menindak tegas kasus ini tanpa memberi keringanan hukum. "Kami akan terus melakukan yang terbaik untuk melindungi artis agensi kami," tutup SM Entertainment.

4 dari 4 halaman

Awal Kasus dan Permohonan Maaf Seunghan

Diberitakan pada akhir Agustus 2023, penggemar digegerkan dengan tersebarnya beberapa foto Seunghan yang sedang berciuman dengan perempuan. Sang artis sudah menyampaikan permohonan maaf melalui akun Instagramnya. 

Karena masalah pribadi saya, saya telah menyebabkan kerugian kepada tim dalam masa yang sangat penting dan kritis menjelang debut, juga telah mengecewakan para member dan staf. Tak ada celah untuk beralasan atau menyalahkan orang, semua ini terjadi karena kelalaian saya, dan saya akan sangat menginterospeksi atas diri dan tindakan saya pada masa lalu,” kata dia kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.