Sukses

Marvel Bakal Munculkan Superhero Israel di Film Captain America 4, Banjir Cibiran Netizen Tanah Air Gara-Gara Kekuatannya

Marvel Studios mengumumkan superhero wanita asal Israel bernama Sabra nantinya akan muncul dalam film Captain America: Brave New World alias Captain America 4 yang dipersiapkan untuk rilis pada 2024 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Popularitas Marvel Studios kini tengah goyah di mata sebagian para penggemarnya dari seluruh dunia. Pasalnya, kini Marvel sedang berafiliasi dengan Disney yang disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan raksasa yang sedang mendukung pergerakan Israel terhadap Palestina di Gaza.

Tentu saja isu tersebut menyulut kegeraman para penggemar yang tengah mendukung kebebasan Palestina. Kini, isu tersebut makin memanas lantaran Marvel Studios secara terang-terangan bakal menghidupkan karakter wanita Israel bernama Ruth Bat Seraph alias Sabra.

Marvel Studios telah mengumumkan bahwa Sabra nantinya akan muncul dalam film aksi hidup berjudul Captain America: Brave New World yang dipersiapkan untuk rilis pada 2024 mendatang. Film yang semula berjudul Captain America: New World Order akan dibintangi oleh Anthony Mackie sebagai Sam Wilson alias Captain America baru.

Dalam film keempat Captain America atau bisa juga disebut sebagai Captain America 4 itu, Sabra akan diperankan oleh artis wanita asal Israel, Shira Haas. Kabar ini salah satunya disampaikan akun Twitter @moviemenfes yang menyulut cibiran dari para penggemar Marvel di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kekuatan Superhero Marvel Asal Israel yang Mengundang Cibiran

Di dalam komik Marvel, Sabra digambarkan sebagai seorang mutan wanita asal Israel yang memiliki kekuatan merampas energi kehidupan milik orang lain.

Superhero berbusana hitam dan putih ini pun langsung mengundang cibiran warganet Tanah Air setelah disampaikan admin @moviemenfes.

Sejumlah netizen menganggap kekuatan tersebut sangat mirip dengan aksi-aksi militer Israel yang selama ini merampas hak hidup warga Palestina di Gaza.

Penampilan aktrisnya, Shira Haas, yang sempat bocor di media sosial juga terlihat sangat militan dengan busana mantel hitam serta celana coklat.

3 dari 5 halaman

Cibiran Warganet Tanah Air Atas Kekuatan Sabra yang Akan Diperankan Shira Haas

"Power superhuman-nya familiar ya😅," celetuk seorang warganet.

"Ya emang kan di buat karakter ini setelah perang sm arab dan perang2 lainnya dan muncul tahun 1980 an dan karakter ini merepresentasikan israel "tukang rampas"," tulis lainnya geram.

"Sabra adalah karakter Superhero Mutant dari Israel yang punya kekuatan superhuman dan mengambil energi kehidupan dari warga Palestina. Itu deskripsi yang bener," kata netizen lainnya.

"Marvel Studios memang suka ngebongkar rahasia kotor pemerintah dunia, emg nggak nanggung² klo bikin propaganda. Di Wakanda Forever aja nge representasiin klo negara U.S dan eropa suka maling SDA negara Afrika, tipekel kolonialisme bgt nggak tuh," tulis seorang lagi berusaha positif terhadap Marvel.

 

4 dari 5 halaman

Karakter Superhero Israel yang Sempat Membuat Marvel Banjir Kritik

Melansir berbagai sumber, pengumuman Sabra sebagai bagian dari film Captain America 4 memang sempat dikritik lantaran kemunculannya disebut-sebut bisa membuat publik dunia terpengaruh dengan gambaran stereotip negatif terhadap rakyat Palestina dan lebih luas lagi, jazirah Arab.

Dalam komiknya, Sabra merupakan anggota Mossad yang kerap berinteraksi dengan karakter-karakter Arab misoginis, antisemit, dan kejam. Nama karakter Sabra juga dikritik lantaran memiliki arti yang berbeda bagi orang Yahudi Israel dan Palestina.

Seorang penulis sekaligus analis keturunan Palestina-Amerika, Yousef Munayyer, sempat menyampaikan kritiknya. "Komik tersebut tidak memberi kesan sesuatu yang positif tentang filmnya. Semua konsepnya mengubah mata-mata Israel menjadi pahlawan adalah tindakan yang tidak sensitif dan memalukan," ujarnya melansir cnn.com.

 

5 dari 5 halaman

Tanggapan Marvel Studios

Namun begitu, Marvel Studios tampaknya sadar dengan anggapan-anggapan miring terhadap karakter Sabra. Mereka menanggapinya dalam sebuah pernyataan yang menyampaikan bahwa film Captain America 4 akan mengambil pendekatan baru terhadap Sabra.

Marvel juga mengklaim bahwa Sabra kali ini akan berbeda dari versi komiknya 40 tahun lalu dan mereka berjanji sosoknya dalam waralaba Marvel Cinematic Universe akan relevan bagi para penonton masa kini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini