Sukses

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2023 Digelar 14 November 2023, Dimeriahkan Iwan Fals dan Rossa

Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indoensia 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 14 November 2023 mendatang di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta dan akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - "Malam Anugerah Piala Citra dalam Festival Film Indonesia 2023" (FFI) 2023 akan berlangsung pada tanggal 14 November 2023 mendatang. Acara ini akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta dan juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia pukul 19.30 WIB.

Sejumlah nominasi dalam perhelatan bergengsi ini telah diumumkan sebelumnya pada tanggal 14 Oktober 2023 lalu di Museum Nasional Indonesia, Jakarta.

Menurut Jenderal Kemendikbudristek, Hilman Farid, diselenggarakannya acara FFI ini menjadi mandat untuk terus memberikan dukungan pada ekosistem kesenian dan kebudayaan, khususnya ekosistem perfilman Indonesia.

"Selama tiga tahun terakhir, kita patut berbangga karena capaian perfilman Indonesia begitu gemilang. Baik secara capaian di industrinya dengan cerminan jumlah penonton, maupun capaian secara kritik lewat kemenangan berbagai film Indonesia di ajang festival internasional," ucap Dirjen Kemendikbudristek, Hilman Farid, dalam konferensi pers yang digelar di Gedung A Kemendikbudristek RI, Jakarta pada Kamis (2/11/2023).

Konferensi pers ini juga dihadiri Ahmad Mahendra (Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud), Reza Rahadian (Ketua Umum FFI 2021-2023), dan Garin Nugroho (Komite Bidang Penjurian FFI 2021-2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Konsep Citra dalam Malam Penghargaan Citra FFI 2023

Dalam ajang penghargaan tahun ini, Festival Film Indonesia 2023 mengambil tema dan konsep "citra" yang menjadi nama penghargaan FFI sejak tahun 1967.

"Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023 mengangkat konsep 'citra.' Kami ingin memberikan suguhan kepada insan perfilman dan masyarakat bahwa film dan para insan film yang masuk ke dalam nominasi tahun ini juga menjadi bagian dari citra perfilman kita," kata Reza Rahadian selaku Ketua Komite FFI 2021-2023.

3 dari 5 halaman

Akan Jadi Tahun Terakhir Masa Kepemimpinan Reza Rahadian sebagai Ketua Komite

Reza Rahadian selaku ketua umum Komite FFI periode 2021-2023 mengungkapkan pendapatnya selama tiga tahun terakhir penyelenggaraan FFI yang memulai perjalanannya dari masa pandemi hingga endemi.

"Selama tiga tahun terakhir, berbagai dinamika di dunia perfilman telah kita lalui. Semoga pada tahun terakhir periode saya menjabat sebagai Ketua Komite FFI, saya dan seluruh anggota Komite FFI 2021-2023 bisa memberikan yang terbaik untuk publik," ucap Reza.

4 dari 5 halaman

Hadirkan Iwan Fals dan Rossa sebagai Pengisi Acara Malam Penghargaan Citra FFI 2023

Tidak hanya membacakan nominasi saja, "Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023" juga akan turut menghadirkan beberapa musisi Tanah Air.

Iwan Fals dan Rossa adalah dua musisi yang terpilih untuk memeriahkan malam puncak acara penghargaan tersebut. Para jajaran komite mengatakan alasan di balik memilih Iwan Fals dan Rossa yang akan mengisi acara pada tanggal 14 November 2023 mendatang ini.

Terpilihnya kedua penyanyi tersebut bukan tanpa alasan, tetapi karena mereka telah banyak menyumbangkan karya-karyanya sebagai soundtrack film-film Indonesia.

 

5 dari 5 halaman

Didominasi Oleh Generasi Muda

Pada tahun ini, RezaRahadian menyampaikan bahwa "Malam Anugerah Piala Citra FFI 2023" didominasi oleh generasi muda dalam nominasinya.

Karena itu, ia yakin bahwa anak-anak muda harus terlibat dalam industri perfilman sebagai generasi penerus untuk menciptakan film-film terbaik dan berkualitas yang akan datang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.