Sukses

Prabowo Subianto - Gibran Makin Populer di Jawa Timur, Peneliti Ini Sebut Ada Faktor Presiden Jokowi

Berdasarkan simulasi wilayah Jawa Timur, pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul di Jawa Timur dengan 33 persen suara melebihi dua paslon lain.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka mendapat sorotan dari Lembaga Survei Polling Institute. Keduanya disebut sebagai paslon (pasangan calon) presiden - wakil presiden Indoneia yang pamornya sedang populer di kalangan masyarakat Provinsi Jawa Timur.

Menurut seorang peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, kepopuleran Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur diketahui berdasarkan survei periode 25-28 Oktober 2023 yang memperlihatkan elektabilitas pasangan di beberapa wilayah.

"Prabowo-Gibran unggul di wilayah Jawa Timur karena ditopang oleh beberapa faktor," ujar Kennedy Muslim selaku peneliti di Polling Institute melalui keterangannya di Surabaya, Kamis (1/11/2023), mengutip Antaranews.com.

Lebih lanjut, berdasarkan simulasi wilayah Jawa Timur, pasangan Prabowo - Gibran unggul di Jawa Timur dengan 33 persen suara. Angka yang muncul tersebut membuat paslon Prabowo - Gibran unggul di atas Anies - Cak Imin (26,5 persen) dan Ganjar - Mahfud (25,3 persen).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Faktor Jokowi di Atas Kepopuleran Prabowo - Gibran

Disampaikan peneliti tersebut bahwa faktor utama yang membuat Prabowo dan Gibran unggul di wilayah Jawa Timur lantaran adanya dukungan kuat dari Presiden Jokowi.

Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu memang memiliki basis yang cukup besar, termasuk di antaranya ada di kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Analisa sementara karena faktor Presiden Jokowi yang sangat populer di kalangan NU akar rumput di Jatim," ujar Kennedy.

Dukungan kuat dari Presiden Jokowi inilah yang membuat paslon Prabowo - Gibran mendapatkan dukungan dari masyarakat Jawa Timur. Ditambah lagi ada kedekatan Menteri Pertahanan dengan tokoh-tokoh NU.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Tokoh NU untuk Prabowo - Gibran

Sejumlah tokoh NU yang mendukung Prabowo untuk menjadi Presiden Indonesia di antaranya adalah Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya dan Gus Miftah. Habib Luthfi memberikan doa penuh dan menyatakan tegas mendukung Prabowo - Gibran di Pilpres 2024.

Kata Kennedy, hal itu membawa pengaruh positif yang berpotensi besar dalam menarik dukungan Nahdliyin agar mendukung Prabowo dan Gibran. Dari situlah elektabilitas pasangan tersebut terbilang tinggi di hasil survei, karena banyaknya dukungang.

"Elektabilitas Prabowo di Jawa Timur masih kuat, karena punya kedekatan dengan tokoh Islam," kata Kennedy Muslim.

 

4 dari 4 halaman

Pendaftaran Prabowo - Gibran

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima pendaftaran tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo - Mahfud Md., serta Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara pemungutan suara dijadwalkan untuk digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.