Sukses

Resensi Film Nona Manis Sayange: Kisah Sikka dan Akram dalam Balutan Budaya Manggarai

Tayangan film Nona Manis Sayange akan segera hadir di layar lebar Indonesia pada tanggal 2 November 2023 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Film Nona Manis Sayange siap sapa para penonton di layar lebar Indonesia pada tanggal 2 November 2023 mendatang.

Dr. Ngadiman selaku eksekutif produser dari rumah produksi Putaar Films mengatakan bahwa film Nona Manis Sayange adalah film terindah baginya di tahun ini. Dia berharap film ini dapat memberikan para penonton sebuah pencerahan baik dari segi adat, budaya, dan lain-lain.

Memiliki latar cerita di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, para produser mengatakan film ini tidak hanya akan berfokus pada hubungan kedua karakter utama yang diperankan, Haico Van Der Veken dengan Pangeran Lantang, namun juga berfokus pada konflik keluarga, budaya, dan keindahan alam yang disajikan selama film berlangsung.

Rengga Indrayana sebagai sutradara film Nona Manis Sayange juga menambahkan, film ini tidak akan rampung tanpa adanya peran penting dari jajaran produser dan pemain yang telah berkolaborasi dengan baik dan berharap film ini akan menjadi tontonan penutup akhir tahun yang manis.

Berikut adalah resensi film Nona Manis Sayange.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alur Cerita yang Ringan, Namun Sarat Akan Nilai Moral

Film Nona Manis Sayange merupakan film keluarga dengan genre romantis dan komedi yang memiliki alur ringan. Film yang menceritakan tentang hubungan asmara antara Sikka (Haico Van Der Veken) dan Akram (Pangeran Lantang) yang tidak direstui oleh ayah dari Sikka (Mathius Muchus).

Tidak hanya berfokus pada kisah cinta mereka, film ini juga akan berfokus dengan bagaimana hubungan keluarga yang retak antara Sikka dan ayahnya dapat kembali diperbaiki secara perlahan dan mengenal budaya Indonesia bagian Timur lebih dalam melalui Suku Manggarai yang tinggal di Labuan Bajo.

3 dari 6 halaman

Konflik Antar Keluarga yang Cukup Relate dengan Kehidupan Saat Ini

Dalam film ini, hubungan Sikka dengan ayahnya terbilang cukup relate dengan kehidupan saat ini, di mana beberapa orang tua masih mencampuri dan mengatur kehidupan anaknya sampai dewasa.

Sikka menyuarakan isi hatinya bahwa ia merasa ayahnya terlalu banyak mengambil kontrol dalam hidupnya. Ia juga merasa dikekang sampai tidak dapat memilih pilihannya sendiri. Oleh karena itu, dalam film ini, penonton akan melihat bagaimana proses pembangunan karakter dan hubungan di antara Sikka dan ayahnya.

4 dari 6 halaman

Kenalkan Belis Sebagai Salah Satu Syarat Menikah Suku Manggarai

Selain kain tenun dengan corak beragam yang digunakan dalam film Nona Manis Sayange, film ini juga akan mengenalkan para penonton dengan salah satu budaya Suku Manggarai di mana sang pria harus membayar belis sesuai dengan nominal yang telah ditentukan.

Belis sendiri merupakan mas kawin yang diberikan pihak laki-laki (anak wina) kepada pihak perempuan (anak rona) sebagai simbol penghargaan terhadap harkat dan martabat perempuan. Besaran belis yang dibawa pun bervariatif, tergantung dari kekuatan negosiasi antar kedua belah pihak.

5 dari 6 halaman

Tampilkan Tempat Wisata Indah yang Ada di Labuan Bajo

Film Nona Manis Sayange menampilkan beberapa tempat indah yang ada di Laboan Bajo. Jajaran pemain dan produser mengatakan bahwa tempat-tempat tersebut dipastikan dapat menjadi destinasi wisata baru yang dapat dikunjungi apabila sedang berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Tempat-tempat tersebut diantaranya adalah Pulau Komodo, Pantai Pasir Pink, Pulau Padar, dan destinasi wisata lainnya.

6 dari 6 halaman

Bergabungnya Raisa Anggiani Sebagai Pengisi Soundtrack Film Nona Manis Sayange

Seorang musisi muda Tanah Air, Raisa Anggiani, juga turut berkontribusi dalam film ini. Salah satu lagunya yang berasal dari album "Renung Resah" yang rilis pada tahun 2023, "Kau Rumahku," terpilih menjadi salah satu soundtrack dalam film Nona Manis Sayange.

Raisa sempat memberikan sedikit cerita di balik pembuatan lagu "Kau Rumahku." Raisa mengatakan bahwa ia melihat banyak bentuk cinta yang dapat diartikan dalam banyak pandangan. Cinta yang ia maksud tidak hanya datang dari pasangan, namun juga dari keluarga dan orang sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini