Sukses

Jakarta World Cinema Week 2023 Hadirkan 90 Film, Dibuka dengan Inshallah a Boy dan Diakhiri Shayda 

Jakarta World Cinema Week alias JWCW tahun ini akan digelar dari tanggal 11 hingga 18 November 2023. Ada 90 film dari 54 negara yang akan ditayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik bagi para pencinta sinema, Jakarta World Cinema Week 2023 alias JWCW tahun ini akan digelar dari tanggal 11 hingga 18 November 2023 di CGV Cinemas Grand Indonesia Jakarta dan platform streaming KlikFilm. Ada 90 film dari 54 negara yang akan ditayangkan.

JWCW 2023 dibuka dengan Inshallah a Boy karya sineas asal Yordania, Amjad Al-Rasheed. Film ini mengisahkan perjuangan wanita Muslim di tengah hukum Islam yang mengatur warisan dan gender. Tema yang diusung Inshallah a Boy dinilai relevan hingga sekarang.

JWCW 2023 akan ditutup dengan Shayda besutan Noora Niasari, sutradara kelahiran Iran yang menetap di Australia. Shayda adalah dramatisasi kisah hidup Noora Niasari bersama ibunda yang pernah mencicipi romantika hidup di penampungan imigran demi kebebasan.

Sutradara Noora Niasari bersama Associate Producer Keiran Watson-Bonnice dijadwalkan hadir untuk berinteraksi langsung dengan audiens di ajang JWCW 2023. Yang tak kalah menarik, film Indonesia klasik Ramadan dan Ramona yang telah di-remastered akan tayang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Pertimbangan, Apa Saja?

Kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta, Manajer Program JWCW 2023, Daniel Irawan mengatakan, tak mungkin 90 film diputar di bioskop. Karenanya, sebagian film tayang dalam format layar lebar, sementara lainnya menyapa para pencinta sinema via platform streaming.

“Ada tiga pertimbangan. Pertama, tidak mungkin semua diputar di bioskop karena kami hanya punya waktu terbatas dari tanggal 11 sampai 18 November 2023. Kedua, ada film-film yang istilahnya tentpole. Karya unggulan dari festival internasional terdepan,” ungkapnya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hidden Gems

Karya unggulan yang berjaya di sejumlah festival film bergengsi diupayakan diputar di bioskop. “Ketiga, ada hidden gems dari hasil kurasi yang layak ditayangkan agar lebih banyak lagi publik yang tahu. Kami mendorongnya via OTT,” Daniel Irawan menyambung.

Semua film yang diputar di JWCW 2023 berdasarkan izin film maker atau pembuatnya. Pada akhirnya, ada film maker yang mengizinkan karyanya di putar di bioskop. Namun ada pula yang menyetujui karyanya hadir melalui platform streaming dalam hal ini KlikFilm.

 

4 dari 4 halaman

Diharap Konsisten Hadir Tiap Tahun

Executive Director JWCW 2023, Frederica menjelaskan, memasuki tahun kedua, ajang bergengsi ini sangat memerhatikan kredibilitas film-film yang dikurasi. “Saya berharap JWCW mampu memberi yang terbaik untuk industri film dan konsisten hadir tiap tahun,” urainya.

Film unggulan lain yang hadir di JWCW 2023 antara lain Monster (Hirokazu Koreeda, 2023), The Pot au Feu (Anh Hung Tran, 2023), Perfect Days (Wim Wenders, 2023), Fallen Leaves (Aki Kaurismaki, 2023), hingga Badrun & Loundri karya terbaru Garin Nugroho.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.