Sukses

Resensi Film THE EXORCIST: BELIEVER, Menyajikan Horor Berbalut Drama Keluarga yang Menegangkan

Film THE EXORCIST: BELIEVER berkisah tentang perjuangan orang tua dalam membebaskan anaknya dari belenggu roh jahat

Liputan6.com, Jakarta - Kabar baik bagi para penikmat film horor. THE EXORCIST: BELIEVER sudah resmi tayang di bioskop Indonesia pada Rabu (04/10/2023). Tentunya, ini lebih cepat sepekan dari yang sudah dijadwakan sebelumnya yaitu pada 13 Oktober.

Film ini merupakan kelanjutan dari film horor ikonik bertajuk THE EXORCIST yang dirilis pada 1973 lalu.  Dalam versi baru, film ini disutradarai oleh David Gordon Green dari skenario yang ditulis Peter Sattler.

Kira-kira apakah film ini akan berhasil mendulang kesuksesan sama seperti sebelumnya. Telah tayang di bioskop mulai hari ini, bagi yang penasaran dengan kisahnya bisa simak dulu resensi film THE EXORCIST: BELIEVER.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Minim Jumpscare

Menonton film horor rasanya kurang menegangkan tanpa jumpscare. Namun THE EXORCIST: BELIEVER memberikan pengalaman menonton yang luar biasa bagi pecinta film horor meskipun minim adegan jumpscare.

Kekuatan terbesar dalam film ini adalah plotnya sendiri. Konflik bermula ketika sepasang sahabat bernama Angela Fielding dan Katherine kembali setelah menghilang beberapa hari dan tanpa mengingat kejadian yang telah mereka alami.

Perilaku keduanya tampak janggal yang membuat Ibu Katherine berasumsi bahwa kedua gadis itu sudah dirasuki roh jahat. Tapi ayah Angela, Victor kurang menerima pernyataan itu karena dianggap tidak logis.

3 dari 7 halaman

Menyajikan Drama Keluarga

Victor kehilangan keyakinannya terhadap Tuhan semenjak kematian sang istri. Karena itu, ia harus membesarkan anaknya seorang diri dengan penuh cinta kasih. Sekarang ia kembali dihadapkan dengan situasi sulit di mana nyawa Angela dipertaruhkan akibat roh jahat.

Laki-laki yang semula tak percaya dengan hal-hal supranatural itu kini melawan ego sendiri untuk menyelamatkan nyawa anaknya. Hal yang sama juga dilakukan oleh orang tua Katherine.

Dua keluarga itu akhirnya melakukan ritual pengusiran roh jahat. Mereka dibantu oleh beberapa orang lain termasuk Pastor Maddox.

4 dari 7 halaman

Kembalinya Chris MacNeil

Karakter Chris MacNeil dalam versi lama THE EXORCIST (1973) kembali muncul setelah memamerkan kemampuan akting di film sebelumnya. Ia dahulu berperan sebagai ibu Regan, seorang gadis yang pernah dirasuki roh jahat.

Kini dirinya hadir untuk membantu Victor melakukan pengusiran roh jahat namun sayangnya ia harus menjadi korban kebrutalan Katherine. Ia pun berakhir buta dan itu membuat Victor menyesal telah melibatkannya dalam situasi berbahaya lagi.

5 dari 7 halaman

Kematian Pastor Maddox

Pastor Maddox yang semula menjanjikan melakukan pengusiran roh jahat menjadi bimbang karena tidak diizinkan oleh pihak gereja. Namun karena rasa simpati ia tetap datang membantu. Itu membuat semua orang merasa terkejut sekaligus senang.

Mereka yang berada di sana merasa sedikit lega karena menganggap penderitaan Katherine dan Angela akan segera berakhir. Tapi keyakinan itu dipatahkan setelah roh jahat justru membuat Pastor Maddox meregang nyawa.

 

6 dari 7 halaman

Berlinang Air Mata

Suasana menjadi semakin keos ketika roh jahat menghasut orang-orang di sana untuk memilih antara nyawa Katherine atau Angela yang ingin diselamatkan. Baik orang tua Katherine dan Victor tidak bisa memilih salah satunya.

Roh jahat dalam tubuh Angela justru membuka tabir kelam yang membangkitkan memori buruk dalam ingatan Victor. Pria itu memang sempat tidak menginginkan putrinya demi menyelamatkan istrinya, Soreanne.

Tangis pecah dari Victor dan orang tua Katherine karena merasa nyawa keduanya sudah berada di ambang kematian. Ayah Katherine, Tony yang semula memilih berada di luar akibat tak kuasa melihat sang putri menderita akhirnya masuk ke dalam ruangan untuk mencoba menyelamatkannya.

 

7 dari 7 halaman

Akting yang Apik

Kemampuan akting para aktor dalam film ini memang apik. Selain plot yang menarik, para aktor juga berhasil membangun karakter dengan baik. Penonton seolah bukan hanya dibawa untuk merasakan sensasi ketegangan tetapi juga merasakan simpati, cemas dan sesekali dibawa larut dalam kesedihan masa lalu yang dibawa masing-masing karakter.

Jadi, mampukah mereka menyelamatkan nyawa Angela dan Katherine dari belenggu roh jahat. Untuk yang penasaran dengan kelanjutan kisahnya bisa menyaksikan di bioskop Indonesia mulai 4 Oktober 2023.

 

Pemain: Leslie Odom Jr., Ellen Burstyn, Ann Dowd, Jennifer Nettles

Produser: Jason Blum, David Robinson, James G. Robinson

Sutradara: David Gordon Green

Penulis: Peter Sattler, David Gordon Green

Produksi: Blumhouse Productions, Morgan Creek Entertaiment

Durasi: 1 jam 51 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.