Sukses

Irfan Hakim Ungkap Bangganya Jadi MC Tanpa Rendahkan Profesi Lain, Netizen Kaitkan dengan Pernyataan Ganjar Pranowo kepada Najwa Shihab

Irfan Hakim menyebut dirinya tak pernah merendahkan profesi lain selama menjadi MC, membuat sejumlah warganet teringat pernyataan Ganjar Pranowo kepada Najwa Shihab.

Liputan6.com, Jakarta Irfan Hakim tiba-tiba saja menyampaikan isi hatinya seputar profesi sebagai MC (master of ceremony) yang kerap digelutinya selama menjadi seorang selebriti. Ungkapan itu disampaikan Irfan Hakim melalui teks di feed akun Instagram @irfanhakim75 miliknya, Jumat (22/9/2023).

Dalam pernyataan yang dituliskannya, Irfan Hakim mengaku bangga dengan kiprahnya sebagai MC baik itu on air maupun off air. Tak hanya bangga, Irfan Hakim juga turut mengungkapkan rasa syukurnya telah memilik ladang penghasilan dari job menjadi MC.

Namun pernyataan selanjutnya cukup menghebohkan para followers dan sejumlah kerabat dari lingkup selebriti. Pasalnya setelah itu Irfan Hakim menyebut dirinya tak pernah merendahkan profesi lain selama menjadi MC. Kontan saja sejumlah warganet teringat dengan pernyataan bakal Capres RI Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo hadir dalam diskusi gagasan tiga bakal calon presiden RI 2024-2029 yang diusung oleh Najwa Shihab dan tim Mata Najwa.

Dalam diskusi yang digelar di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu, Ganjar melontarkan pernyataan yang membuatnya dituding merendahkan profesi MC dan jurnalis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pernyataan Irfan Hakim Soal Profesi MC

Tak ada foto siapapun atau apapun dalam unggahan Irfan Hakim tersebut. Ia hanya menuliskan kalimat yang diunggah sebagai postingan gambar.

"Saya BANGGA berprofesi sebagai MC... Alhamdulillah.. Saya mensyukuri itu.. Dan tidak pernah terbersit untuk merendahkan profesi lain.... Itu saja... Terima kasih," tulisnya disusul emotikon tangan menjura, dalam unggahan teks di feed akun Instagram @irfanhakim75, Jumat (22/9/2023).

"Itu saja...," tulis Irfan Hakim singkat sebagai keterangan untuk unggahannya itu.

 

3 dari 6 halaman

Pernyataan Irfan Hakim Dikait-kaitkan dengan Ganjar Pranowo

Meskipun Irfan Hakim tak menyenggol soal pernyataan Ganjar Pranowo, terlebih menyebut namanya, sejumlah netizen sudah keburu panas, mengait-ngaitkannya dengan sang bakal capres saat berbicara gagasan bersama Najwa Shihab.

"Emang pak ganjar merendahkan prosfesi seseorang,, kayaknya nggak dah masa artis papan atas tidak bisa menangkap apa yg di sampaikan pak ganjar..," tulis seorang warganet.

"Ambil positifnya kak @irfanhakim75 klau kita bisa Ngambil atau mencerna secara Dewasa apa yang di katakan Pak Ganjar bagus juga ,maksud dan tujuan nya seperti mbk Nana , tidak ada yang buruk semua Profesi," tulis netizen lainnya.

"Intinya ngak merendahkan mc.jangan digoreng2 lahh.pada saat itu pak ganjar bilang lulusan 10 besar terbaik jarang ada yg mau kembali ke kampus untuk ngajar/dosen gitu," tulis yang lainnya.

Tiap komentar di atas pun mendapat reaksi beragam dari warganet yang lainnya.

 

4 dari 6 halaman

Irfan Hakim Disemangati Rekan Selebriti

Sejumlah selebriti termasuk Melly Goeslaw memilih untuk mengobarkan semangat kepada Irfan Hakim agar ia terus bangga dan bersyukur dengan profesi sebagai seorang MC. Mereka sama sekali tak mengaitkannya dengan pernyataan Ganjar Pranowo.

"Sy bangga jadi temen kamu , semangaaat bestiiii," tulis Melly Goeslaw.

"Semangat bang irfan hakim," tulis Tri Suaka.

Robby Purba pun mendukung pernyataan Irfan Hakim dengan memberi banyak emotikon hati.

 

5 dari 6 halaman

Pernyataan Ganjar Pranowo Seputar Profesi MC dan Jurnalis

Sebelumnya, Ganjar Pranowo sempat melontarkan pernyataan yang cukup menghebohkan saat berpartisipasi dalam acara Mata Najwa yang berlangsung di UGM, Yogyakarta, pada Selasa, 19 September 2023, yang juga ditayangkan di akun YouTube Najwa Shihab pada Selasa, 21 September 2023.

Dalam diskusi tersebut, Ganjar menyinggung tentang Najwa Shihab yang saat selesai kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) masuk dalam 10 besar lulusan terbaik. Menurut Ganjar, idealnya lulusan terbaik harus mengambil peran sebagai dosen universitas, bukan sebagai pembawa acara atau master of ceremony (MC).

"Sepuluh besar lulusan terbaik itu jadi dosen, iya dong. Masa jadi MC?" ucap mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Mendengar celetukan Ganjar, Najwa lantas tidak terima dirinya disebut MC. Ia mengatakan bahwa profesinya adalah seorang jurnalis.

"Siapa Mas, MC? Saya jurnalis, bukan MC," jawab Najwa.

"Bukan, jurnalislah kalau begitu," sahut Ganjar.

6 dari 6 halaman

Respons Najwa Shihab Soal Profesi Jurnalis

Resspons itu pun kembali membuat Najwa tidak terima. Menurutnya, profesi jurnalis termasuk profesi yang membanggakan.

"Jurnalis profesi yang membanggakan lho, Mas," terang Najwa.

Merasa ditegur, Ganjar mengklarifikasi maksud pernyataannya. Ia menekankan harapannya agar lulusan unggulan kembali ke dunia akademik untuk membagikan wawasan dan ilmu yang mereka miliki.

"Oh iya. Maksud saya kalau lulusan terbaik, kan sebuah harapan bahwa dia kembali ke kampus dan kemudian mengajarkan ilmunya. Itu aja sebenarnya,” ujar Ganjar.

Pernyataan itu membuat nama Ganjar jadi perbincangan warganet. Sebagai bakal calon presiden, ia dianggap meremehkan profesi seseorang, dalam hal ini MC dan jurnalis. Meski begitu, sejumlah warganet di Twitter banyak yang berusaha meluruskan pernyataan Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.