Sukses

Kompetisi BAT Battle of Minds Indonesia 2023 Umumkan Juara, Siap Wakili Indonesia di Asia Pasifik

Malam penganugerahan kompetisi Battle of Minds Indonesia 2023 diadakan dengan meriah.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi Battle of Minds kembali meriah di Indonesia dengan menampilkan peran penting generasi muda dalam menghadapi tantangan lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Kompetisi ini diinisiasi oleh British American Tobacco (BAT) dan diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari mahasiswa, sarjana muda, hingga profesional muda.

Tema besar ESG menjadi fokus utama dalam kompetisi Battle of Minds kali ini, yang mengajak para peserta untuk mengusung solusi inovatif dalam empat kategori utama, yaitu BIO, TECH, INCLUSION, dan ENERGY. Kompetisi ini telah berlangsung sejak 1 Mei hingga 30 Juni 2023, dan menarik perhatian 129 peserta dari berbagai lapisan masyarakat.

Pemenang pertama dari kompetisi ini akan mewakili Indonesia dalam kompetisi Battle of Minds 2023 tingkat Asia Pasifik, yang melibatkan perwakilan dari berbagai negara, termasuk Vietnam, Malaysia, Papua New Guinea, dan Fiji. Para pemenang dari tingkat Asia Pasifik akan berkompetisi dalam tingkat global untuk memperebutkan hadiah pendanaan modal senilai 50.000 Pondsterling atau sekitar 1 miliar Rupiah.

“Berapa tahun dan Indonesia selalu partisipasi bahkan sekitar 2 atau 3 tahun lalu, 2 tahun lalu itu pemenang 2 kali dari Indonesia. Jadi sasarannya memang generasi muda yang kreatif dan inovatif,” kata William Lumentut, Presiden Direktur BAT Indonesia saat ditemui di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Rabu (9/8/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mentoring

Dalam proses perjalanan kompetisi, para peserta mendapatkan bimbingan dan pembinaan dari para ahli bisnis, membantu mereka mengembangkan ide bisnis mereka secara lebih matang.

Pendekatan ini membantu mengasah wawasan para peserta dan menghubungkan mereka dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam dunia bisnis.

“Di dalam program ini bisa dilihat ada mentoring ya mentornya itu adalah dari para karyawan BAT juga gitu, gimana kita membantu mengasah ide-ide mereka dari customer, market, dan juga financial projection dan analisisnya,” sambungnya.

 

3 dari 4 halaman

Juara

Pada tanggal 9 Agustus 2023, malam penganugerahan kompetisi Battle of Minds Indonesia 2023 diadakan dengan meriah. Tujuh tim terbaik, yaitu BIKI, Karla Bionics, Waluya, SIAB Indonesia, EcoplastID, LabPrestaSI, dan Gelatah, telah mempresentasikan ide-ide bisnis mereka di hadapan dewan juri. Setelah proses penilaian yang ketat, tim BIKI dari Bogor berhasil meraih gelar juara 1 dengan ide tentang Chitasil Edible Coating dalam kategori BIO.

Sementara itu, juara 2 diraih oleh Karla Bionics dari Bekasi dan Bandung dengan ide tentang Accessible Limb Prosthesis dalam kategori INCLUSION. Posisi juara 3 ditempati oleh tim SIAB Indonesia dari Solo yang mengusung ide tentang Digitalisasi Manajemen Air Minum berbasis Internet of Things (IoT) dalam kategori ENERGY.

Para pemenang ini tidak hanya mendapatkan hadiah uang tunai total 72 juta Rupiah, tetapi juga peluang untuk berkarir di BAT Indonesia melalui program InternUP dan Global Graduate Programme.

 

4 dari 4 halaman

Harapan

Kompetisi Battle of Minds 2023 telah membuktikan bahwa generasi muda Indonesia memiliki potensi besar dalam menciptakan perubahan positif dan solusi inovatif untuk tantangan lingkungan hidup serta masalah sosial yang ada. Dengan adanya dukungan dari perusahaan seperti BAT Indonesia, generasi muda diharapkan dapat terus berkontribusi dalam menjawab panggilan zaman.

“Yang pasti kita berharap yang terbaik, karena mereka ini semua bagus-bagus idenya, kita akan mengirim untuk bisa berkiprah di kancah Asia Pasifik. Jadi kita itu ada nanti ada beberapa negara yang akan juga ikut serta di level regional yaitu dari Malaysia, Vietnam, Indonesia, Fiji, Papua Nugini. Jadi kalau ambisi ya kalau bisa Indonesia abis ini menang di level regional dan kemudian menang juga di level global ya,” harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.