Sukses

Penipuan Mengatasnamakan Baim Wong Makin Meresahkan, Paman Ifan Seventeen Hampir Jadi Korban

Ifan Seventeen sempat berpikir mengapa masih saja ada orang yang tertipu oleh aksi penipuan semacam itu. Tak disangka, keluarganya sendiri yang mengalami hal itu.

Liputan6.com, Jakarta Dunia maya kembali diramaikan dengan aksi penipuan yang mengatasnamakan salah satu selebriti terkenal, Baim Wong. Kali ini, paman Ifan Seventeen hampir menjadi salah satu korban dari modus penipuan tersebut.

Ifan Seventeen mengungkapkan kejadian ini melalui akun media sosialnya pada Minggu (31/7/2023). Ia mengaku beberapa kali melihat postingan dari  Baim Wong, terkait penipuan berkedok give away.

Ifan Seventeen sempat berpikir mengapa masih saja ada orang yang tertipu oleh aksi penipu semacam itu. Tak disangka, keluarganya sendiri yang mengalami hal itu.

"Beberapa kali liat postingan temen saya @baimwong tentang penipuan giveaway sempet mikir “masih ada aja ya yang bisa ketipu. Ternyata hari ini om saya yang kena, untung karna ga brani minta ke istrinya mintanya ke saya. Kalo ga udah jelas kena!" tulis Ifan dalam unggahannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Uang

Modus penipuan yang digunakan oleh pelaku dinilai sangat canggih. Mereka menggunakan filter wajah Baim Wong untuk melakukan video call dengan korbannya, guna meyakinkan bahwa mereka memang benar-benar berhubungan dengan selebriti yang terkenal tersebut.

Dalam unggahan itu, Ifan Seventeen juga mengungkap isi Chat antara dirinya dan sang paman.

“Fan, om memenangkan getwe Baim wong, om mau minta bantuan buat bayar pajak pemenang 300000, om dapat 100 juta lebih pan, tolong om ya pan, tadi yang nelpon langsung baimwong ya, ini bukti pajaknya dari baimwong,” tulis sang paman.

3 dari 4 halaman

Logika Sederhana

Melalui unggahannya tersebut, Ifan berharap agar semua orang yang membaca pesannya dapat menyebarkan peringatan yang ingin ia sampaikan.

“'KALO MEMANG ADA YANG MAU KASI UANG 100JUTA, BUAT APA MINTA DULU 300RIBU' Ini logika banget, jangan pernah mau ketipu model penipu brengsek kaya begini,” tegas Ifan Seventeen.

4 dari 4 halaman

Surat Keterangan Palsu

Tak hanya itu sajt, Ifan Seventeen juga menunjukkan sebuah potret surat keterangan palsu dari Polda Metro Jaya terkait give away dari Baim Wong ini. Surat tersebut seolah-olah membenarkan bahwa give away itu asli dan pemenang harus melakukan transfer sebanyak Rp 300 ribu.

Berikut isi suratnya:

“SURAT KETERANGAN PENERIMAAN HADIAH YANG TELAH DIPERSETUJUI OLEH PIHAK KEPOLISIAN DAN KEPRESIDENAN REPUBLIK INDONESIA. Demikian dengan surat ini diinformasikan kepada selaku pemenang giveaway dari BAIM PAULA GIVEAWAY, bahwasanya setiap pemenang harus menyelesaikan biaya pengaktifan hadiah Rp 350.000 harap jangan salah paham Karena dana Rp 350.000 hanya dijadikan pengaktifan Hadiah anda & tentunya akan dikembalikan kerekening anda sendiri karena kami disini tidak memerlukan dana dari anda melainkan bukti transfernya karena bukti transfer tersebut ada kode validasi yang kami perlukan untuk mengaktifkan hadiah anda jadi total hadiah yang akan anda terima Rp 100.350.000 dan hadiah tersebut akan masuk secara otomatis nantinya ke rekening anda hanya berselang waktu 1-2menit setelah biaya pengaktifan hadiah anda selesaikan dan biaya pengaktifan tidak bisa dipotong sesuai syarat dan prosedur. -Pengaktifan dana harus diselesaikan dari pemenang-Jika dana pengaktifan belum diselesaikan mohon maaf untuk dana hadiah sebesar Rp 100.000.000 tidak bisa anda cairkan/kami anggap hangus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini