Sukses

Erick Thohir Selesai Revitalisasi Studio Lokananta, Ditandai Pagelaran Festival Lokananta 2023 Bersama 21 Penyanyi Lintas Generasi

Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia, telah selesai direvitalisasi.

Liputan6.com, Jakarta - Lokananta, studio rekaman pertama di Indonesia, telah selesai direvitalisasi. Studio rekaman yang berada di Solo, Jawa Tengah, direvitalisasi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Erick mengatakan, revitalisasi terhadap studio Lokananta diperlukan untuk menjaga dan melestarikan sejarah. Lokananta, kata dia, memiliki banyak cerita penting dan berharga.

"Lokananta adalah saksi sejarah perkembangan musik Tanah Air," kata Erick ketika berkunjung ke Lokananta, baru-baru ini.

Erick merasa perlu mengambil tindakan saat mengetahui Lokananta dibiarkan tak terawat. Karena itu, upaya revitalisasi dilakukan untuk menjaga Lokananta di masa depan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Festival Lokananta 2023

Selesainya revitalisasi Lokananta itu ditandai dengan pagelaran Festival Lokananta 2023 pada 3-4 Juni lalu dengan menghadirkan 21 penyanyi papan atas lintas generasi.

"Lokananta punya sejarah panjang. Cikal bakal musik Indonesia ketika presiden pertama kita Pak Soekarno untuk mendorong agar musik Indonesia naik dan mengurangi dominasi musik Barat," Erick melanjutkan.

 

3 dari 4 halaman

Revitalisasi Dimulai 27 November 2022

Seperti diketahui, Lokananta yang memiliki luas 2,1 hektar ini, mulai direvitalisasi sejak 27 November 2022 lalu.

Lokananta memiliki tujuh arena, yakni Galeri Lokananta, Studio Rekaman Lokananta, Lokananta Live House, Taman Lingkar Lokananta, Panggung Amphitheater Lokananta, Area ritel F&B, dan Area ritel kreatif (non F&B).

4 dari 4 halaman

Dokumentasi dan Arsip Sejarah Musik

Revitalisasi terhadap Lokananta yang dilakukan Erick disebut sebagai langkah tepat, mengingat selama ini masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan dalam melakukan dokumentasi dan pengarsipan sejarah. Terlebih lagi dokumentasi arsip musik dan rekaman di Indonesia.

Revitalisasi Lokananta ini merupakan salah satu bukti nyata negara memperharhatikan sejarah dan menyelamatkan harta karun musik di Indonesia. Sebelum ada label rekaman besar di Indonesia, semua lagu-lagu musisi besar seperti Gesang dan Waljinah direkam di Lokananta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini