Sukses

Mengenang Chairil Anwar di Hari Puisi Nasional 2023, Miles Film Luncurkan Serial Antologi Seni Video: Ada 7 Puisi, 7 Seniman, dan 7 Aktor

Miles Films buat Hari Puisi Nasional 2023 jadi spesial dengan merilis Serial Antologi Seni Video “Aku, Chairil!”.

Liputan6.com, Jakarta - Miles Films resmi meluncurkan sebuah karya produksi terbaru yang berupa serial antologi seni video. Karya ini diinisiasikan oleh Mira Lesmana dan Riri Riza sebagai bentuk penghormatan kepada sang penyair legendaris Tanah Air, Chairil Anwar.

Tepat di Hari Puisi Nasional yang jatuh pada Jumat (28/4/2023), serial bertajuk “Aku, Chairil!” itu akhirnya mulai ditayangkan melalui Indonesiana.TV.

Menyambut penayangan episode pertama serial antologi ini, Mira Lesmana, Riri RizaLukman Sardi, bahkan putri Chairil Anwar, menggelar temu wartawan di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat.

“Peluncuran serial Antologi Seni Video ini penting untuk generasi muda mengingat dan mengenali sosok Chairil Anwar, seperti apa karya-karyanya dan apakah masih ada relevansinya untuk kita baca dan nikmati hingga hari ini,” ujar Mira Lesmana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seniman Kontemporer Turut Andil dalam Karya Ini

Awalnya, Mira Lesmana dan Riri Riza sudah terlebih dahulu mengkurasi sejumlah puisi Chairil Anwar yang kemudian diteruskan kepada beberapa pelaku seni kontemporer Indonesia untuk dipilih dan direspons secara bersamaan.

Berbagai seniman kontemporer seperti Ruth Marbun, Rachmat Hidayat Mustamin, Angki Purbandono, Iwan Effendi, Nani Puspasari, Ria Papermoon, dan Tromarama terpilih untuk turut ikut andil dalam karya itu.

3 dari 4 halaman

7 Aktor Hebat Bakal Membacakan Syair Chairul Anwar

Terdiri dari 7 episode, masing-masing video akan menunjukkan pesona berbagai syair yang dibacakan dengan lantang oleh para pembaca spesial. Mereka adalah 7 aktor hebat Indonesia, yaitu Lukman Sardi, Jerome Kurnia, Reza Rahardian, Ine Febrianti, Happy Salma, Christine Hakim, hingga Nicholas Saputra.

Agar lebih maksimal, semua video pun dibalut dengan alunan musik indah karya musisi Baskara Putra. Sang Hindia akan siap memanjakan telinga para penonton seiring dengan pembacaan puisi.

4 dari 4 halaman

Pameran Khusus yang Menampilkan Visual Artistik

Dalam rangka peluncurannya, pihak produksi pun mengadakan sebuah pameran khusus atau exhibition bertajuk “Aku, Chairil!” di artina #2: matrajiva, Gedung Sarinah. Dalam ruangan itu, pengunjung dapat melihat berbagai visual artistik pada 3 layar hingga beberapa penggalan kalimat terkait serialnya di dinding.

Menarik sekali, ya, pamerannya. Pastikan kamu juga jadi saksi dari kembalinya kejayaan puisi Indonesia lewat Serial Antologi Seni Video “Aku, Chairil!”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.