Sukses

Peserta Perempuan Satu-satunya, Rida (Tasikmalaya) Harus Wassalam dari Top 6 Aksi Indonesia 2023

Polling Tertinggi Sementara “AKSI Indonesia 2023” Top 4 Show Diraih Rifai (Makassar)

Liputan6.com, Jakarta Babak Show dan Result Top 6 “AKSI Indonesia 2023” yang berlangsung akhir pekan lalu telah menampilkan kemampuan peserta dari Kloter Ar-Rahim. Fikri (Bogor), Rida (Tasikmalaya), dan Rifai (Makassar) tampil menyampaikan tausiah mereka di depan dewan juri yakni Ust. Solmed, Ust. Subki Al-Bughury, Mamah Dedeh, Ust. Wijayanto, dan Habib Usman pada hari Sabtu dan Minggu, 15 dan 16 April 2023.

Di babak Show dan Result Kloter Ar-Rahim akhirnya Rida (Tasikmalaya) harus wassalam dengan perolehan total skor akhir sebesar 32.28%. Sedangkan Fikri (Bogor) dan Rifai (Makassar) berhasil lolos ke Top 4 “AKSI Indonesia 2023” dengan masing-masing persentase skor sebanyak 34.64% dan 33.08%. Pagi tadi (17/04), empat finalis yang terdiri dari Fikri (Bogor), Rifai (Makassar), Teguh (Cimenyan), dan Mansur (Aceh) memulai aksi tausiah terbaik mereka di babak Top 4 Show “AKSI Indonesia 2023”.

Pada perolehan nilai sementara tertinggi diraih oleh Rifai (Makassar) dengan 26.64%. Kemudian disusul oleh Fikri (Bogor) dengan 25.12%, Teguh (Cimenyan) meraih 24.63%, serta Mansur (Aceh) dengan 23.61%.

Pada hari Sabtu, 15 April 2023 lalu, di babak Top 6 Show, para peserta Kloter Ar-Rahim ditantang untuk menjawab pertanyaan dari salah profesi secara acak. Rifai (Makassar) tampil membawakan tausiah bertema “Tentang Ketulusan” berdasarkan pertanyaan dari seorang content creator mengenai hukum menyebarkan konten bersedekah. Rifai berhasil mendapatkan 483 poin dari dewan juri. Sementara Fikri (Bogor) meraih poin tertinggi dari juri sebanyak 490 dengan tausiah “Celakalah Mereka yang Curang Demi Uang” berdasarkan pertanyaan dari seorang pedagang mengenai perilaku memanipulasi timbangan. Tausiah menarik lainnya disampaikan Rida (Tasikmalaya) tentang “Jangan Suap Menyuap Agar Hidup Tidak Gelap” sesuai dengan pertanyaan dari seorang karyawan swasta mengenai gratifikasi demi kelancaran usaha. Rida meraih poin juri sebesar 485. Perolehan nilai sementara dari show tersebut menempatkan Fikri (Bogor) pada posisi tertinggi dengan total 34.44%.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ditantang Memberikan Tausiah

Babak Top 6 Show Kloter Ar-Rahim berlanjut pada babak Result di hari Minggu, 16 April 2023. Peserta ditantang untuk memberikan tausiah sesuai dengan berita atau video yang dipilih secara acak. Dibuka dengan penampilan dari Fikri (Bogor) dengan tausiah “Umrah antara Bisnis & Ibadah” sesuai dengan video “Penipuan Modus Perjalanan Umrah” dan mendapatkan 977 poin dari dewan juri. Disusul Rida (Tasikmalaya) dengan tema tausiah “Anak Adalah Anugerah dari Allah SWT” sesuai dengan video “Ibu Bunuh Bayi yang Berdalih Banyak Anak” dan berhasil mengumpulkan 974 poin dari dewan juri. 

Sementara Rifai (Makassar) sebagai penampil terakhir membawakan tema “Semuanya Hanya Titipan” sesuai dengan video “Aksi Pamer Harta Istri ASN” dan berhasil memperoleh skor tertinggi yaitu 971. Hasil akhir polling pemirsa yang diakumulasi dengan persentase nilai dewan juri, terkumpul skor akhir untuk Fikri (Bogor) sebesar 34.64% yang membuatnya berada di posisi teratas. Diikuti oleh Rifai (Makassar) yang berada di posisi kedua dengan perolehan skor sebesar 33.08%. Sedangkan Rida (Tasikmalaya) harus menghentikan perjuangannya di Top 6 “AKSI Indonesia 2023” setelah mengumpulkan persentase skor terendah sebesar 32.28%.

 

3 dari 4 halaman

Memulai Babak Baru

Dini hari tadi, Senin, 17 April 2023, “AKSI Indonesia 2023” memulai babak baru yakni Top 4 Show “AKSI Indonesia 2023”. Pada babak ini, para peserta diberi kesempatan untuk saling memberikan tantangan tema tausiah. Sebagai pembuka, Mansur (Aceh) mendapat tantangan dari Fikri (Bogor) untuk membawakan tema tausiah “Amalan yang Sangat Dicintai Allah SWT”. Dalam tausiahnya, Mansur menjelaskan amalan yang sangat dicintai Allah SWT sesuai dengan Q.S. Ali-Imran: 31 yaitu shalat tepat waktu. Mansur menambahkan bahwa hadiah dari dicintai Allah SWT ialah dapat diampuni segala dosa-dosa kita. Tausiahnya tersebut berhasil mendapat 485 poin. “Pembuka yang sangat luar biasa dan penyampaian materi yang hebat,” puji Mamah Dedeh.

“AKSI Indonesia 2023” Top 4 berlanjut ke tausiah yang dibawakan Fikri (Bogor) dengan tema “Angan Mereka yang Telah Tiada” yang merupakan tantangan dari Teguh (Cimenyan) dan berhasil mendapat total akhir skor juri tertinggi sebesar 490. Fikri menyampaikan bahwa orang-orang yang telah meninggal mempunyai keinginan hidup kembali untuk memperbaiki ibadah dan bersedekah. Dewan juri Ust. Subki Al-Bughury pun memberikan pujian bahwa penyampaian materi sangat baik dan pemberian contoh dari berbagai angle membuat tausiah semakin sempurna.

Tausiah selanjutnya dari Rifai (Makassar) dengan tema “Rasulullah SAW Ada di Hati” sesuai dengan tantangan tema yang diberi oleh Mansur (Aceh). Rifai menyampaikan bahwa kita akan bersama orang-orang yang kita cinta. “Jika kita mencintai Rasulullah SAW, maka insyaaAllah kita akan bersama Rasulullah SAW di akhirat kelak,” tambah Rifai. Tausiahnya tersebut mendapat masukan dari Ust. Subki Al-Bughury mengenai pemenggalan Hadits agar lebih teliti dan penjelasan kutipan yang perlu disempurnakan. Poin total dari dewan juri yang didapatkan sebesar 490.

 

4 dari 4 halaman

Tantangan yang Diberikan

Peserta terakhir yang tampil pagi tadi yaitu Teguh (Cimenyan) membawakan tema “Derajat Iman Seorang Muslim” berdasarkan tema tantangan yang diberikan oleh Rifai (Makassar). Teguh menyampaikan bahwa Allah SWT mewariskan kitab ke orang-orang terpilih sesuai dengan Q.S Al-Qadr: 32. Al-Qur’an menjadi salah satu kitab terpilih, maka dari itu agama Islam juga agama yang terpilih. Dengan tausiahnya, Teguh berhasil meraih skor juri sebanyak 488 poin. “Teguh kan memang dari Sunda, jadi suka menggunakan bahasa Sunda di setiap tausiahnya. Coba ke depannya sambil dijelaskan artinya, biar semua penonton lebih paham,” pesan Ust. Subki Al-Bughury.

Perolehan nilai sementara pada Top 4 “AKSI Indonesia 2023” menempatkan Rifai (Makassar) pada posisi teratas dengan skor 26.64%. Sementara di posisi kedua yaitu Fikri (Bogor) dengan skor 25.12%. Disusul oleh Teguh (Cimenyan) dengan perolehan skor 24.63%. Sementara posisi terendah dengan total poin 23.61% diduduki oleh Mansur (Aceh).

Persaingan ketat “AKSI Indonesia 2023” masih akan berlanjut  ke babak Result yang akan berlangsung pada hari Selasa, 17 April 2023, LIVE pukul 02.00 WIB. Nantikan penampilan Fikri (Bogor), Rifai (Makassar), Teguh (Cimenyan), dan Mansur (Aceh) pada babak Result Top 4 “AKSI Indonesia 2023”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini