Sukses

Rieke Diah Pitaloka Ucapkan HUT Ke-80 Kemerdekaan Indonesia dari Masjidil Haram, Mengikuti Kalender Hijriah

Rieke Diah Pitaloka sedang menjalani ibadah umroh di Tanah Suci Mekkah.

Liputan6.com, Jakarta Rieke Diah Pitaloka membagikan kabar dirinya yang sedang menjalani ibadah umroh. Ini merupakan umroh pertama kali yang dilakukan pemeran Oneng di sinetron Bajaj Bajuri itu. 

Saat berada di depan Ka'bah, Masjidil Haram, anggota Komisi VI DPR RI itu pun mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-80 Kemerdekaan Indonesia berdasarkan kalender Islam atau Hijriah.

"Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia. Karena hari ini 9 Ramadhan bertepatan dengan 80 tahun Kemerdekaan Indonesia jika dihitung dengan kalender Hijriah," ujar Rieke di akun Instagramnya, Sabtu (1/4/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kalender Hijriah

Kemerdekaan Republik Indonesia memang diproklamasikan pada 17 Agustus 1945. Saat itu memang bertepatan dengan 9 Ramadhan 1364 Hijriah. 

"Jadi, hari ini 9 Ramadhan 1444 H dalam kalender Hijriah merupakan perayaan 80 tahun Indonesia merdeka," kata Rieke.

 

3 dari 4 halaman

Bersyukur

Rieke merasa bersyukur dapat melaksanakan umroh tepat di peringatan Kemerdekaan Ke-80 Republik Indonesia dalam hitungan kalender Islam.

Di Masjidil Haram juga Rieke berdoa untuk bangsa Indonesia semoga mendapatkan berkah dan kemakmuran.

"Doa saya dari Multazam Makkah untuk seluruh rakyat Indonesia berkah barokah dijauhkan dari segala cobaan, selalu dalam lindungan Allah SWT," ujar Rieke.

"Doa saya untuk seluruh pemimpin, semoga Allah terangi hati, pikiran, jiwa dan batinnya agar mampu memberi keputusan-keputusan yang lebih baik bagi seluruh rakyat, bagi bangsa dan negara," tambahnya.

 

4 dari 4 halaman

Sejarah Proklamasi

Seperti dilansir dari Antara, dalam catatan sejarah Nahdlatul Ulama (NU), Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno meminta nasihat kepada Kyai Haji Hasyim Asy’ari, sebelum memproklamasikan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Kiai Haji Hasyim Asy’ari memberi masukan, hendaknya proklamasi dilakukan hari Jumat pada bulan Ramadhan. Jumat merupakan "sayyidul ayyam" (penghulu nya hari), sedangkan Ramadhan itu "sayyidus syuhur" (penghulunya bulan). Hari itu, tepat 9 Ramadhan 1364 Hijriah, bertepatan dengan 17 Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.